Hari Bakti PUPR Ke 75, Peningkatan Infrastruktur Akan Lebih Diutamakan

Editor: brindonews.com

PUPR Maluku Utara memperingati hari bakti ke 75 yang digelar di halaman kantor PUPR Malut
SOFIFI,BRN - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maluku Utara (Malut) memperingati Hari Bakti PUPR ke 75 Tahun di halaman kantor Dinas PUPR Malut, pada Kamis, (3/12/2020) berlangsung khidmat.

Bertindak selaku inspektur upacara mewakili Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Darwis Pua dengan peserta upacara seluruh pegawai lingkup Dinas PUPR Malut.

Darwis Pua, saat membacakan sambutan Gubernur menyampaikan, pembangunan infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil yang memuaskan melalui pelaksanaan program dan kegiatan Bidang Sumber Daya Air, Bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya, Bidang Penataan Ruang dan Bidang Jasa Konstruksi.

“ Patut kita syukuri bahwa hasil pembangunan infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum sudah banyak dinikmati oleh masyarakat.” Ujar Darwis.

Menurutnya, Kendati banyak keberhasilan yang telah dicapai PUPR, akan tetapi agenda pembangunan infrastruktur belum selesai. Karena masih banyak yang harus dilakukan demi kemajuan Maluku Utara kedepan.

" Pembangunan Infrastuktur harus memiliki dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Seluruh jajaran pemerintah dan mitra kerja yang terlibat harus memastikan bahwa pembangunan infastruktur fokus memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dalam berbagai sektor kehidupan di Maluku Utara, " Katanya.

Darwis bilang, sudah saatnya kita menghubungkan infrastruktur yang tersedia dengan sentra produksi dan menghubungkan wisata sentra pemasaran dalam hal pelabuhan harus tersambung dengan kawasan logistik dan distribusi begitu juga bandara harus tersambung dengan kawasan perdagangan dan jasa, serta infrastruktur lainnya harus tersambung dengan sentra dan kawasan ekonomi,” Ucap Darwis.

Dalam upaya mencapai ketahanan Pangan Nasional kata dia, Pemerintah provinsi masih akan membangun Bendungan dan saluran irigasi baru, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak dan akses sanitasi persampahan.

Kata Darwis, mengingat pada tahun 2021 yang akan datang, pemerintah provinsi Maluku utara dihadapkan pada sebuah tanggung jawab besar, yakni sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ tingkat Nasional.

" Oleh karena itu, dibutuhkan energi dan tenaga yang besar dalam upaya menunjukan kemampuan kita terhadap pelaksanaan event nasional ini, " 

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Maluku Utara telah menganggarkan pelaksanaan program dan kegiatan pendukung STQ, diantaranya yang paling membutuhkan perhatian besar adalah pembangunan Masjid Raya Sofifi, yang sampai saat ini, progres pembangunannya, sebagaimana yang dapat kita lihat bersama,” Pungkasnya.

Mantan Kepala Biro Umum Setdaprov Malut menegaskan, Pemerintah daerah optimis bahwa Masjid Raya Sofifi akan dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dan nantinya dapat dijadikan sebagai pusat pelaksanaan STQ. Selain itu, pembangunan jalan dan sarana pendukung lainnya, telah mampu merubah wajah kota Sofifi menjadi lebih indah dan menarik.

Dalam kesempatan itu, Gubernur melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, mengajak semua unsur masyarakat khususnya diwilayah Sofifi dan sekitarnya agar dapat menjaga dan memelihara fasilitas yang tersedia, agar kota Sofifi senantiasa terlihat indah dan menarik.

“Sekali lagi, saya memberikan apresiasi kepada segenap pejabat dan pegawai dinas pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta OPD terkait dalam upaya mensukseskan pelaksanaan STQ tingkat nasional tahun depan.(red)

Share:
Komentar

Berita Terkini