Dihadapan Anggota Deprov, Emak-emak Kader Posiandu Keluhkan Insentif per bulan 100 Ribu

Editor: brindonews.com

 


 

Foto Bersama Usai Reses Anggota DPR Provinsi maluku Utara 

TERNATE,BRN - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara Abdul Malik Sillia diminta untuk memperjuangkan hak-hak emak-emak kader Posiandu di Kelurahan Kulaba Kecamatan Ternate Barat, yang selama ini tidak diperhatikan pemerintah setempat.

Keluahan emak-emak kader Posiandu ini disampaikan pada kegiatan reses anggota Deprov Abdul Malik Sillia, Sabtu (12/12) malam. Malik d hujani keluhan lantaran insentif kader Posyandu terlalu kecil yakni per bulan hanya diberikan senilai Rp 100 ribu perorang, bahkan sering terlamabat dibayar. 

 “Pak Dewan yang terhormat, tolong perhatikan kami emak-emak yang bertugas di Posyandu. Insentif kami Rp 100 ribu perbulannya. Bahkan sekarang sudah 2 bulan ini kami gigit jari karena insentif belum juga cair. Tolong dicarikan solusinya,” keluh sejumlah emak-emak yang didampingi Lurah Kulaba, Abjan Kasim.

Kata eman-emak, pencairannya tunai, biasanya kami ke kantor Kecamatan untuk tanda tangan berita acara dan ambil hak kami. Tapi sudah 2 bulan ini belum juga ada kabar, padahal sangat kami butuhkan. Kalau soal tanggung jawab bisa dilihat sendiri bagaimana kerja kader Posyandu pada umumnya,” sambung mereka.

Usai mendengar keluhan itu, Malik mengaku tidak menyangka jika Pemkot Ternate tega memberikan insentif kader Posyandu sebesar Rp 100 ribu per orang.

“Sangat disayangkan. Saya merasa sangat sedih jika ibu-ibu kami ini diberikan tanggung jawab yang begitu besar namun insentifnya tidak sesuai dengan beban kerja mereka,” ucapnya.

Malik pun mendesak dinas terkait agar segera meninjau kembali hak-hak kader Posyandu di masing-masing kelurahan. Dengan begitu, kesejahteraan kader Posyandu bisa terjamin.

“Di masa pandemi Covid-19 ini insentif mereka sangat dibutuhkan. Untuk itu yang masih menunggak harap segera direalisasikan,” tegasnya.

Lurah Kelurahan Kulaba, Kecamatan Ternate Barat, Abjan Kasim saat dikonfirmasi menjelaskan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kader Posyandu untuk mewujudkan Kota Ternate Sehat, di Kelurahan Kulaba terdapat dua Posyandu yang terdiri atas 10 orang kader.

“Diharapkan agar hak-hak mereka secepatnya dibayarkan. Kalau bisa dinaikkan alhamdulillah, agar mewujudkan Kota Ternate Sehat dapat terlaksana,” pinta Abjan. (tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini