BPKP Maluku Utara Raih Penghargaan Satker Pengelolaan Anggaran Terbaik

Editor: brindonews.com

 

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Sabet Penghargaan 


SOFIFI,BRN
– Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) BPKP Provinsi Maluku Utara berhasil meraih penghargaan Satuan Kerja (Satker) Pengelolaan Anggaran Baik Tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Maluku Utara pada acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi TKDD Provinsi Maluku Utara Tahun 2021 yang diselenggarakan Senin (30/11/2020).  

Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Maluku Utara Bayu Andy Prasetya menyerahkan langsung penghargaan kepada beberapa satker, diantaranya  kepada Perwakilan BPKP Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Mindarto Totok Oktaruna. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 WIT di Aula Gedung Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara di Sofifi.

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Maluku UtaraIr. H. M. Al Yasin Ali, M.M.T., Wakil Kajati Provinsi Maluku UtaraSungarpin, SH, M.hum, Forkompimda, Wakil dari Kalan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara,  Bupati/Walikota Se-Wilayah Maluku Utara.Acara tersebut juga diikuti secara virtual kepada seluruh Pimpinan Satuan Kerja dan Perangkat Daerah dilingkup Provinsi Maluku Utara.

Acara dibuka dengan Laporan Ketua Panitia Bayu Andy Prasetya. Bayu dalam pidato laporan kepada Wakil Gubernur menyampaikan bahwa penyerahan DIPA lebih awal dari yang direncanakan menunjukkan komitmen pemerintah untuk segera melakukan pemulihan dan transformasi ekonomi lebih cepat. Hal ini membuktikan bahwa Bangsa Indonesia tetap produktif bergerak menyongsong tahun 2021 walaupun sedang di masa Pandemi Covid-19. APBN tahun 2021 menjadi sangat penting perannya untuk menyeimbangkan beberapa tujuan seperti mendukung kelanjutan penanganan Pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi serta transisi pembangunan nasional. Di tahun 2021 nanti, pemerintah fokus mengarahkan kebijakan fiskal yang ada dalam rangka “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi”.

Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali, menyampaikan hari ini, kurang lebih Rp.15,55 Tiliun dialokasikan ke Provinsi Maluku Utara sehingga DIPA dan TKKD yang kita terima hari ini, perlu dipersiapkan, dimanfaatkan dan dibelanjakan dengan baik untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di Maluku Utara. Lanjutnya, Al Yasin menegaskan kembali pesan yang disampaikan Presiden kepada Gubernur Maluku Utara, antara lain : bantuan social cepat disalurkan pada Bulan Januari, segera lakukan lelang agar pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik, pengelolaan anggaran harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat, dengan tetap menjaga trasparansi dan akuntabilitasnya.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021secara simbolis kepada 11 Pimpinan Kementerian Negara/Lembaga dan 11 Pemerintah Daerahyang diberikan oleh Wakil Gubernur Maluku UtaraIr. H. M. Al Yasin Ali, M.M.T.Didampingi  Kepala Kanwil DJPb Maluku Utara Bayu Andy Prasetya. Selain penyerahan DIPA, juga terdapat penyerahan beberapa penghargaan seperti Satker Pengelola Anggaran Baik, Pemerintah Daerah yang Meraih Predikat WTP sebanyak tiga kali (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini