Alasan Ini yang Bikin Muswil ke-V PAN Maluku Utara Ditunda

Editor: brindonews.com

Bendera Partai Amanat Nasional.

TERNATE, BRN - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional atau DPW PAN Provinsi Maluku Utara menunda pelaksaan Musyawarah Wilayah. Ketua Panitia Muswil Rahman Mustafa menyebutkan, penundaan tersebut hingga waktu yang belum ditentukan kapan.

Alasan penundaan Musyawarah Wilayah atau Muswil ke-V karena berbenturan dengan Muskil ke-VI PAN Riau. Rahman Mustafa mengatakan maksud Muswil tersebut untuk mengganti kepengurusan lama di jajaran tingkat wilayah.

“Sedianya Muswil Ke-V PAN Maluku Utara itu dilaksanakan pada 28 Desember 2020 besok, namun karena di waktu yang bersamaan berbenturan dengan Muskil ke-VI PAN Riau. Sedianya Muswil PAN Riau ini jadwal pelaksanaannya di 30 Desember 2020, namun dimajukan pada 28 Desember, sehingga agenda PAN Maluku Utara di tunda,” kata Rahman dalam jumpa pers di Kantor DPW PAN Maluku Utara, Kelurahan Falajawa II, Kota Ternate Selatan, Minggu sore, 27 Desember 2020.

Rahman mengemukakan, penundaan Muswil oleh Dewan Pimpinan Pusat hingga waktu yang belum ditentukan kapan itu tidak memengaruhi persiapan teknis panitia. Soal perisapan, sambung Rahman, sudah mencapai lebih dari 90 persen.

“Prinsipnya panitia siap kapan saja waktu yang ditentukan DPP,” ucap Erik, begitu Rahman Mustafa biasa disapa.

Salamat Kardi menyebutkan keputusan melaksanakan musyawarah wilayah itu sesuai surat keputusan yang dikeluarjan Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PAN. Ketua Steering Committee Muswil PAN Maluku Utara ini berharap DPP PAN secepatnya menentukan kapan waktu Muswil PAN Maluku Utara.

“Semua kesiapan teman-teman panitia sudah siap, begitu juga teman-teman di organizing committee. Baik atribut, tempat acara dan persiapan teknis lainnya sudah lebih dari 90 persen,” ucapnya.

Salamat berharap penundaan musyawarah wilayah hingga waktu yang belum ditentukan kapan itu tidak berlangsung lama. Agenda memilih calon formatur dan kepengurusan yang baru itu, lanjut Salamat, paling lambat dilaksanakan pada akhir Desember ataupun awal Januari 2021.

“Paling lambat itu di 31 Desember sudah terlasana, karena kita juga berharap muswil ini jangan tertunda terlalu lama. Jangan sampai tanggal yang ditetapkan DPP itu tempat yang sudah dikomunikasikan oleh teman-teman organizing committee  sudah digunakan pihak lain,” katanya.

12 Bakal Calon Formatur

Panitia Muswil ke-V PAN Maluku Utara sejauh ini sudah menerima dua belas nama yang mencalonkan diri sebagai ketua baru. Erik menyebutkan semua nama bakal formatur tersebut sudah diserakan ke pengurus pusat di Jakarta.

Erik menjelaskan sistim pemilihan formatur di internal partai berlambang matahari itu berbeda dengan partai politik lainnya. Di PAN, lanjut Erik, mekasnisme rekrutmen dimulai dari tingkat DPD, DPW kemudian ditindaklanjuti ke DPP.

Tahapan berikutnya menurut Erik, menjadi kewenangan pengurus pusat di Jakarta untuk memverikasi adminitrasi bakal calon formatur yang diajukan oleh pengurus wilayah.

“Dua Belas nama bakal calon formatur ini sudah di kirim ke DPP, namun sampai sekarang DPP belum memutuskan siapa-saiapa saja yang menjadi calon formatur,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini