Waspada Fenomena La Nina Terjadi Maluku Utara

Editor: brindonews.com

Ilustrasi.

TERNATE, BRN - Sekretaris Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir memimpin apel konsolidasi mitigasi bencana alam, Rabu 4 November 2020. Apel yang dipusatkan di Lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Salero Kota Ternate Utara itu dalam rangka kesiapan menghadapi cuaca ekstrem akibat dampak fenomena La Nina.

Samsuddin mengatakan apel konsolidasi bencana yang dilaksanakan itu berdasarkan instruksi Badan Nasional Penanggunlanagan Bencana atau BNPB. Apel ini sebagai kesiapan diri menghadapi dampak La Nina.

Prediksi BMKG, sambung Samsuddin, curah hujan akan meningkat dalam beberapa bulan kedepan sebagai dampak dari fenomena La Nina. Dampak ini akan menimbulkan bencana banjir, tanah longsor serta gelombang tinggi.

“Prakiraan musim hujan ini selama periode Oktober - Desember 2020. Apel kesiapan ini bentuk antisipasi,” kata Samsuddin.

Samsuddin mengemukakan dibutuhkan beberapa langkah antipasi mitigasi. Yaitu menyiapkan contingency plan atau suatu tindakan alternatif dan menyiapkan lokasi pengungsian dan tenaga kesehatan. “Mendesain tempat pengungsian juga harus mengikuti protokol kesehatan covid-19,” ucapnya. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini