Samsuddin : Ambil Alih Rumah Sakit Galela Masih Tahap Koordinasi

Editor: brindonews.com

Samsuddin A. Kadir.

SOFIFI, BRN - Akibat kesulitan biaya oprasional, Pemerintah Provinsi Maluku Utara merencakan dalam waktu dekat ambil alih Rumah Sakit Galela, Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A Kadir mengatakan, Rumah Sakit Galela, Kabupaten Halmahera Utara yang dibangun oleh MER-C melalui program pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RSI), wajib diperhatikan.

Pembangunan itu dibangun oleh MER-C, hanya saja rumah sakit itu mengalami hambatan dalam operasionalisasinya, sehingga Pemrov Malut akan mempelajari, apakah memungkinkan untuk diambil alih oleh Pemprov atau tidak.

Satu ini masih dikaji sebab daerah sudah memiliki dua Rumah Sakit yakni Chasan Beoseorie dan  Rumah Sakit Sofifi.

“Nanti kita pelajari kembali, diambil alih oleh Pemprov atau pihak ketiga yang ingin mengelola untuk dijadikan rumah sakit swasta,” ucap Samsuddin, Senin (23/11).

Kata dia, keluhan masyarakat melalui DPRD Provinsi terkait dengan Rumah Sakit di Galela. Olehnya itu, sehari dua Pemprov akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Malut dan BPKAD untuk ditindaklanjuti.

“Pembangunan Rumah Sakit memang di Bangun oleh MER-C, kemudian diserahkan oleh masyarakat Galela, hanya saja operasionalnya kan butuh tenaga kesehatan, manajemen pengelolaan, dan pendanaan lainnya. Sehingga masyarakat merasa tidak bisa mengelola rumah sakit tersebut. Maka Sertifikat itu diberikan ke Pemprov untuk diambil alih,” jelasnya.(red)

Share:
Komentar

Berita Terkini