Panwaslu Ternate Tengah Lantik 116 Pengawas TPS

Editor: brindonews.com
Prosesi pengambilan sumpah janji pengawas TPS Kecamatan Kota Ternate Tengah. Ketua Panwaslu Kota Ternate Tengah, Mustakim Jamal membacakan naskah sumpah janji kemudian diikuti masing-masing perwakilan.

TERNATE, BRN - Panitia Pengawas Pemilihan Umum atau Panwaslu Kecamatan Kota Ternate Tengah melantik 116 pengawas TPS atau PTPS, Senin pagi, 16 November 2020. Pelantikan di Royal Resto di Ternate itu seletah para PTPS tersebut dinyatakan lulus rekrutmen.

Ketua Panwaslu Ternate Tengah Mustakim jamal mengatakan PTPS yang diambil sumpah dan janji tersebut sesuai hasil pengumuman Nomor : 02/POKJA-PTPS/KTT/2020. Pelantukan ini sekaligus memberikan pelatihan atau bimbingan teknis.

“Pelantikan dan bimbingan teknis atau bimtek ini satu rangkaian,” kata Mustakim usai melantik dan memberi materi penguatan pengawasan pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate kepada PTPS.

Mustakim meminta kepada pengawas TPS tidak terbawa emosi dalam menjalankan tugas. Berharap dengan penambahan 116 penyelenggara pengawas ini bisa meningkatkan pengawasan, terutama di tingkat kelurahan, termasuk pada pungut hitung suara nanti.

“Dalam menyelesaikan sesuatu diharapkan tidak dalam kondisi emosi, tetap mengedepankan pencegahan. Dan yang terpenting itu menjada integritas dan independensi sebagai pengawas pemilihan. Jadilah pengawas TPS yang tidak mudah dirayu, apapun itu bentuknya, termasuk mendukung salah satu pasangan calon dan berpolitik uang,” ucap Taken, begitu Mustakim Jamal biasa disapa.


PTPS yang baru dilantik tersebut selanjutnya menjalankan tugas pengawasa. Tugasnya, sambung Taken, mengawasi tahan pemungutan suara dan perhitungan suara di setiap TPS.

“Dalampengawas kampanye pasangan calon mereka sudah dilibatkan. Karena setelah proses pelantikan hari ini, itu berarti mereka sudah sah menjadi pengawas pemilihan. Penertiban alat praga kampanye atau APK juga mereka boleh dilibatkan,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini