Jenis Wisata di Ternate ini Dinilai Mampu Dorong Produk UMKM

Editor: brindonews.com

View Kota Ternate yang diambil dari atas.

TERNATE, BRN - Irine Yusiana Roba Putri mengemukakan Provinsi Maluku Utara memiliki modal strategis destinasi, terutama mengembangkan produk bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Anggota Komisi X DPR RI dari Partai PDIP itu menilai, destinasi Eco-Tourism atau wisata berbasis ekologi di Maluku Utara berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

Irine mengatakan Eco-Tourism menjadi tren, baik di kalangan wisatawan maupun pelaku industri. Bahkan, kebanyakan destinasi di Maluku Utara yang berbasis alam dan luar ruangan lainnya banyak diminati dan dicari wisatawan lokal maupun manca negara.

Perihal Eco-Tourism  itu disampaikan saat Irine membuka secara virtual kegiatan bimbingan teknis dengan tema “singkronisasi adaptasi kebiasaan baru promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika” di Hotel Sahid Bella Ternate, Maluku Utara, Senin, 2 November 2020. Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Pariwisata Kota Ternate yang bersinergi dengan tim Irine Center.

Politisi PDIP ini bilang, bimbingan teknis tersebut bertujuan meningkatkan kinerja para pelaku UMKM dalam melakukan promosi produk melalui media digital.

Putri dari Anggota DPD RI Namto Hui Roba itu mengatakan pemasaran digital bukan hanya mengandalkan komunikasi satu arah. Metode atau strategi promosi yang tepat tentu akan berpengaruh positif terhadap kemajuan pengenalan produk.

“Aktivitas digital marketing tak terbatas pada memasang iklan di koran atau televisi, tapi ini komunikasi dua arah. Jadi perlu ada interaksi yang kreatif di sana, sesuai dengan karakter destinasi atau produk yang kita jual.”

“Harapan saya, diakhir acara ini ada rencana kerja nyata yang bisa dilakukan dan dievaluasi secara teratur, sehingga memberi manfaat nyata bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Maluku Utara,” kata Irine.

Rizal Marsaoly menambahkan, sinergi antara pemerintah, anggota legislatif, dan pelaku parekraf ini sudah keempat kalinya di Ternate. Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate ini bilang, kegiatan pelatihan tersebut mulai pemberian bantuan hingga penguatan SDM kepada pelaku UMKM. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini