Begini Jurus Pasangan YAMIN-ADA Tingkatkan IPM di Ternate

Editor: brindonews.com

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate nomor urut 4 Muhammad Yamin Tawari - Abdullah Tahir saat mengikuti debat terbuka kedua di Jakarta. Adu argumen para kontestan ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi iNews, Kamis malam, 19 November 2020.

Pasangan calon Muhammad Yamin Tawari dan Abdullah Tahir berkomitmen meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di Kota Ternate. Komitmen itu bisa diwujudkan kalau keduanya terpilih memimpin kota dibawah Gunung Gamalama  itu dalam lima tahun kedepan.

Yamin Tawari menilai ada beberapa faktor penyebab yang berimbas pada menurunnya IPM. Kendala-kendala itu diantaranya rendahnya daya beli masyarakat, kurangnya penyerapan tenaga kerja, minimnya alokasi anggaran dan kurangnya persediaan subsidi.

Politisi Partai Perindo itu mengemukakan perlua adanya terobosan guna memalisir kendala atau penyebab menurunnya IPM. Penyediaan alokasi anggaran, meningkatkan daya beli masyarakat dan penyerapan tenaga kerja dianggap mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia.

“Meningkatkan barometer kesejahteraan masyarakat menjadi komitmen pasangan YAMIN-ADA,” kata Yamin dalam debat terbuka kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Kamis malam, 19 November 2020.


Yamin berpendapat, dalam menentukan peringkat atau level pembangunan suatu daerah dan menjadi ukuran kinerja sebuah pemerintahan, IPM adalah hal penting. IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat.

IPM, lanjut Yamin, dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu pengetahuan, standar hidup yang layak, serta hidup sehat dan umur panjang. Keberhasilan peningkatan IPM, sambung Yamin, bergantung pada tiga aspek di antaranya, kesehatan, pendidikan dan kemampuan daya beli masyarakat.

“Tiga aspek penunjang keberhasilan IPM itu prioritas Yamin Tawari dan Abdullah Tahir kalau kami dipercayakan amanah oleh masyarakat Kota Ternate,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini