Al Yasin : Pantia STQ Maluku Utara Harus Ambil Pengalaman MTQ di Padang

Editor: brindonews.com

M. Al Yasin Ali, Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, menyaksikan prosesi pembukaan pelaksanaan MTQ di Padang, Sumatera Barat, dari kejauhan. Tampak ia duduk berjejer bersama sejumlah tamu undangan lainnya di tribun Stadium Utama Sikabu, Padang Pariaman.

Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an atau MTQ Nasional ke XXVIII di Sumatera Barat resmi dihelat, Sabtu (14/11/20). Acara pembukaan dipusatkan di Stadium Utama Sikabu, Padang Pariaman itu Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali turut hadir dalam pembukaan tersebut.

Al Yasin mengatakan kesiapdan awal hingga pembukaan MTQ di Padang itu patut ditiru oleh panitia penyelenggaraan STQ tingkat Nasional di Maluku Utara. Penggodokan dan pemantapan tersebut menyusul Maluku Utara ditunjuk menjadi tuan rumah pada STQ 2021 mendatang.

“Pengalaman ini yang kita harus ambil/contohi untuk persiapan (STQ) tahun depan di Maluku Utara. Pembukaan MTQ di Sumatera Barat juga menjadi catatan pengalaman,” kata Al Yasin, sesuai rilis yang diterima brindonews.com dari Humas Protokoler Setda Provinsi Maluku Utara, Minggu sore, 15 November 2020.

Meskipun pelaksanaannya tidak sama, sambung Al Yasin, minimal kesiapannya menjadi target secara maksimal. Agar semua persiapannya maksimal, mantan Bupati Halmahera Tengah ini mengaku sudah berkoordinasi dengan kementerian agama.

Al Yasin mengemukakan semua kesiapa menyambut STQ di 2021 sementara digodok, termasuk pemenuhan rumah huni pengganti hotel atau home stay  para kafilag dan pemenuhan sarana prasarana kebutuhan lainnya.

“Hingga per Desember ini sebanyak 192 unit rumah sudah di bangun. Sedangkan kebutuhan transportasi, saya juga sudah berkoordinasi dengan dirjen perhubungan darat agar menyiapkan sekitar 50 unit bus yang akan disiapkan dalam rangka pelayanan para tamu.”.

“50 unit bus itu sudah termasuk beberapa bus yang digunakan di Prapon di Papua. Bus-bus yang sifat pinjam pakai ini Insyah Allah akan dialihkan di Maluku Utara. Juga menjalin komunikasi dengan Pak Abdul Gani Kasuba agar siapkan kapal cepat untuk melayani tamu-tamu khusus yang menginap di Ternate. Saya sudah perintahkan Kepala Bappeda Maluku Utara, Salmin Janidi supaya perencanaan pembangunan di 2021 bisa menunjang pelaksanaan STQ yang diharapkan berjalan dengan baik,” ucapnya. (han/humas)

Share:
Komentar

Berita Terkini