DLH Berharap Usulan Penambahan Armada Sampah Diakomodir

Editor: brindonews.com


Sekertaris DLH Kota Ternate : Muhammad Kausaha

TERNATE, BRN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Ternate mengaku masih kekurangan unit armnada pengangkutan sampah. Akibatnya, pengangkutan sampah yang ada di Kota Ternate dinilai belum maksimal.

" Armada pengangkut sampah yang ada di DLH memang masih kurang serta pelayanan armada yang tersedia kurang menjangkau  sebagian besar  kelurahan - kelurahan yang ada di Kota Ternate, bahkan kondisi armada saat ini sudah cukup tua, " Kata Sekertaris DLH Kota Ternate, Muhammad Kausaha kepada wartawan Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, dengan adanya kekurangan armada pengangkut sampah, DLH berencana mengusulkan sejumlah armada kurang lebih enam unit untuk dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk tahun 2021 sehingga bisa melayani keluarahan  yang sebelumnya tidak bisa dijangkau. 

Lanjutnya, saat ini, jumlah armada yang ada di DLH sebanyak 37 diantaranya 30 unit Dam Truk dan 7 unit kaisar. Mahmud mengaku, untuk satu unit kendaraan bisa melayani lima kelurahan. Hal ini tentu nya menjadi beban kendaraan sehingga dibutuhkan penambahan armada.

" Jika satu unit kendaraan pengangkut sampah menangani 5 Kelurahan, maka akan menjadi beban kendaraan sehingga kendaraan tersebut tidak akan betahan lama dan cepat rusak ditambah lagi usia kendaraan juga sudah cukup tua, " Terangnya.

Anggaran yang Akan diusulkan dalam KUA PPAS APBD induk 2021 berkisar Rp 1 miliar, mudah-mudahan dengan adanya usulan anggaran tersebut, bisa menghadirkan armada pengangkut sampah sehingga bisa menjawab permasalahan sampah yang ada di Kota Ternate.

Muhammad bilang, Saat ini DLH masih fokus penyediaan armada untuk menjawab keluhan masyarakat dalam melayani persampahan yang ada di setiap kelurahan. untuk itu diharapkan kepada masyarakat disetiap kelurahan agar bersabar, sebab kami sudah mengusulkan untuk pengadaan armada. dan mudah-mudahan anggaran tersebut bisa diakomodir. (Ham)

Share:
Komentar

Berita Terkini