Regu Jagad Raya Juarai Cerdas Cermat Himapro-Geo STKIP

Editor: brindonews.com

Eksresi peserta usai lomba cerdas cermat.

TERNATE, BRN - Program Studi Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau STKIP Kie Raha Ternate menggelar cerdas cermat, Senin 26 Oktober 2020. Lomba mahasiswa pendidikan geografi itu meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, antroposfer dan biosfer.

Ketua panitia cerdas cermat Fahrul Jihat Jahir mengatakan ada lima regu yang mengikuti lomba tersebut. Masing-masing regu, sambung Fahrul, terdiri 3 orang anggota. 

“Mahasiswa semester satu itu ada tiga regu, yaitu Alam Semesta, Bencana 020 dan Galaksi. Sedangkan regu Jagat Raya dan Neuton dari semester tiga,” kata Fahrul.

Fahrul mengemukakan, cerdas cermat dengan tajuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber maya mahasiswa yang berkarakter ditengah era industri 4.0  itu dimenangkan oleh regu Jagad Raya sebagai pemenang pertama, Bencana 020 pemenang kedua dan Alam Semesta pemenang ketiga. 

“Sementera pemenang keempat dan kelima atau juara harapan 1 dan II masing-masing regu Newton dan Galaksi. Harapan I dan II diberikan penghargaan berupa sertifikat atas berpartisipasi mengikuti cerdas cermat yang dilasanakan Himapro-Geografi,” ucapnya.

“Selaku panitia, kami berharap semoga kegedepan dalam perlombaan seperti ini mahasiswa geografi bisa menjadi lebih baik lagi dan menjadi panutan untuk penerus generasi berikutnya. Semoga dengan kegiatan cerdas cermat ini dapat meningkatkan pemahaman mahaiswa geografi yang lebih kritis dan inovatif,” tambahnya.

Alwi La Masinu mengapriasiasi para peserta yang memenangkan lomba. Ketu Program Studi Geografi STKIP Kie Raha ini menambahkan, gelaran cerdas cermat yang dimotori Himapro-Geografi itu tidak dilihat dari berapa besar hadiah.

“Ini merupakan prestasi yang cukup luar biasa. Bagi saya, kepengurusan dan kenirja himpunan periode 2019-2020 menjadi acuan kepengurusan yang nantinya memimpin himpunanan di tahun akan datang,” ucap Alwi. 

Apresiasi yang sama dari Ketua PK3 STKIP Kie Raha Ternate Hamid Isamail. Ia mengatakan, cerdas cermat yang dilaksanakan Himapro-Geo itu bukan hanya mengeksplorasi pengetahuan mahasiswa saja, melainkan upaya meningkatkan mutu sekaligus membuka pintu gerbang menjadikan mahasiswa yang unggul.

“Melalui forum semacam ini saya berharap kedepanya format cerdas cermat diubah menjadi debat publik. Ini tentu berkaitan dengan rencana Prodi Geografi akan mengundang siswa-siswi di tingkat sekolah menegah atas untuk ikut serta melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di Prodi Geografi,” ucapnya. 

Ketua Himapro Geografi Iskandar Malik mengatakan, kegiatan pengambangan semacam ini perlu dikembangkan. Tujuannya, lanjut Iskandar, untuk meningkatkan pengetahuan, termasuk mutu sumber daya mahasiswa.

“Diharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa geografi sesuai dengan tema meningkatkan daya saing mahasiswa geografi yang unggul dan berkarakter, “ harap Iskandar. (release)

Share:
Komentar

Berita Terkini