Komitmen Berantas Narkoba, Dinas Koperasi UKM Malut dan BNN Gelar Sosialisasi

Editor: brindonews.com

 

Dinas Koperasi UKM Malut dan BNN gelar Sosialisai 

SOFIFI, BRN - Dinas koperasi dan Usaha  Kecil Menengah (UKM) Provinsi Maluku Utara (Malut) mendapat kunjungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Malut, dalam rangka sosialisasi bahaya penggunaan narkoba kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dinas Koperasi UKM Malut. 

Sosialisasi berlangsung di Aulah Dinas Koperasi Pada Kamis, (15/10) yang di awali dengan pengambilan Urine sebagai sampel untuk mengetahui gejala Narkoba kepada 5 ASN, selajutnya  para ASN Koperasi diberikan materi pelatihan dari Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Malut Haerudin Umaternate yang di dampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Malut.

Materi yang di sampaikan yaitu bagaimana cara mencegah dan menangani secara dinih pola perilaku anak maupun keluarga mitra kerja terkait penyalahgunaan Narkoba untuk kesehatan tubuh.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Wa Zaharia kepada Wartawan usai kegiatan di ruang kerjanya menjelaskan bahwa sosialisasi bahaya Narkoba bertujuan agar dapat mengabarkan informasi bahaya Narkoba baik kepada PNS dengan keluarganya, maupun masyarakat di sekitar. "Terlebih sasaran fokus kami yaitu kepada pelaku usaha yang ada di Maluku Utara" Kata Zaharia

Zaharia katakan Pengambilan Urine tersebut hanya kepada 5 ASN sebagai pejabat strukturaldan hasilnya negatif semu, kedepan ia akan usahakan semuanya di test. dia juga bersyukur kepada BNN Malut malut, yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi informasi dengan Dinas Koperasi dan UKM

Hal tersebut dilakukan agar Kedepan bisa mendeteksi secara dini kepada ASN di Dinas koperasi dan UKM sebagai Kadis ia mengapresiasi BNN yang sudah memberikan materi paling tidak dirinya bisa mengetahui gejala pengguna narkoba.

"jika kedepan ditemukan di lingkungan kerja saya, mungkin dengan persuasif saya akan memberikan pendekatan dan informasi sejak dini, kepada BNN untuk melakukan tindakan pembinaan atau pencegahan sehingga Dinas koperasi dan UKM ke depan betul betul bebas dari Narkoba" Pintanya

Oleh karena itu, Pihaknya sudah komitmen bahwa kedepan akan bersinergi dengan BNN untuk sosialisasi berupa pelatihan peningkatan kapasitas kepada pelaku-pelaku usaha baik koperasi maupun UKM sebagai sosialisasi penyebaran bahaya Narkoba. Setelah itu akan dibuatkan lembaga seperti koperasi yang dilanjutkan dalam bentuk MOU Koperasi UKM dengan BNN dengan menyatakan bahwa Dinas koperasi dan UKM menolak untuk Narkoba.

Menurutnya selama menjabat kadis sejak maret sampai oktober 2020, seluruh ASN Dinas koperasi UKM bebas dari Narkoba. Kemudian Sosialisasi tersebut merupakan sosialisasi perdanah.

"Besar harapan saya, dengan sosialiasi ini dapat diterjemahkan dan di aplikasikan ke masyarakat luas" Harap Zaharia (hana)

Share:
Komentar

Berita Terkini