Juara MTQ Halteng Kesulitan Cari Dana Ikut STQ di Padang

Editor: brindonews.com

Masjid Raya Sumatera Barat. (Foto: Bangka Pos - Tribunnews.com).

SOFIFI, BRN - Sebanyak 41 peserta juara Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ tingkat kabupaten mendaftarkan diri di kompetisi Seleksi Tilawatil Quran atau STQ Nasional level provinsi. Sekertaris Dewan Hakim MTQ Maluku Utara, Dahlan Saidi menyebut, para jawara di 41 mata lomba festival pemuliaan kitab suci Al-quran di Kabupaten Halmahera Tengah itu sudah selesai didaftarkan sejak Selasa malam kemarin. 

Kendati mengaku sudah claer mendaftarkan para peraih juara satu tersebut, Dahlan belum memasikan apakah semuanya bisa diberangkatkan mengikuti STQ di Padang, Sumatera Barat. Pertimbangannya lanjut Dahlan, virus corona masih mewabah di Indonesia, biaya dan keputusan Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Maluku Utara. 

“Sebab semua anggaran pelaksanaan MTQ ada di mereka (bidang Kesra Setda Malut). Tugas kami hanya membantu untuk mendaftaran peserta,” kata Dahlan, Kamis (1/10). 

“Kemarin sempat terjadi polemik terkait peserta yang hanya diberangkatkan sebagian karena berdasarkan anggaran yang ada. Semua ikut berangkat atau tidak bukan hak saya. Selain kondisi masih pandemi Covid-19, juga faktor anggaran, bahkan anggaran kementerian agama pun ikut dipangkas,” Dahlan menambahkan. 

Support dari Pemerintah Gosale Puncak

Dahlan tidak bisa membayangkan kalau saja hanya sebagian para jawara tersebut diberangkatkan ke Padang. Ia berharap Pemerintah dan DPRD Provinsi Maluku Utara menaruh perhatian, termasuk menambah alokasi anggaran.

“Jadi saat ini mereka cari dana, tapi tidak tau dari mana. Sementara pelaksanaan STQ sesuai jadwal, peserta akan diberangkatkan dimulai pada 12 sampai 21 November 2020,” ucapnya.

“Disisa waktu ini, berharap ada kebijakan yang diambil oleh gubernur dan DPR, paling tidak bisa mengalokasikan anggaran tambahan. Karena kuncinya ada di anggaran sebenarnya. Sedangkan jadwal diterimanya peserta MTQ tiba di padang dimulai 12 November, tapi sebelum itu peserta menjalani pemeriksaan kesehatan selama 3 hari sebelum tiba di padang,” sambungnya. (han/red)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini