Istri Gubernur di Kukuhkan Sebagai Bunda Baca Provinsi Malut

Editor: brindonews.com

 

Gunernur Malut Abdul Gani Kasuba Serahkann SK pengukuhan Bunda Baca


SOFIFI, BRN - Ketua Pemberdayaan Kesejaheteraan Keluarag (PKK) Provinsi Maluku Utara (Malut)  Hj. Faoniah Djaohar Kasuba resmi dikukuhkan sebagai Bunda Baca Provinsi Malut, pada Rabu (21/10).

Pengukuhan tersebut berdasarkan SK Gubernur Maluku Utara Nomor 364/KTPS/MU/2020, Tahun 2020, Tanggal 25 Agustus 2020 yang dikukuhkan oleh Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bando secara webinar.

Gubernur Malut, Abdul Gani saat memberikan sambutan menyampaikan, pengukuhan Bunda Baca, bukan saja merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada bunda baca, karena berperan mendukung program pemerintah daerah dalam mencerdaskan anak bangsa melalui gerakan literasi. Tetapi lebih jauh, Bunda Baca menjadi tugas dan amanah untuk mampu mendorong dan memperluas cakupan penguatan peran bunda-bunda di Malut dalam mencerdaskan anak bangsa.

Menurut Gubernur, Pemprov Malut sejak tahun 2017, telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perpustakaan dan Ranperda Kearsipan diharapkan menjadi payung hukum dalam peningkatan penyelenggaraan perpustakaan. Setelah melalui beberapa tahapan proses, telah disepakati dan pada saat ini Ranperda tersebut pada tahapan pembahasan DPRD.

"Saat ini, Malut belum memiliki Perpustakaan yang representatif. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, kami mengharapkan dukungan pihak Perpustakaan Nasional," pintahnya.

Gubernur juga sangat berterimakasih adaanya dukungan fasilitas berupa pemberian satu mobil layanan kepada Pemprov Malut, semoga bunda baca dapat memanfaatkan fasilitas terrsebut dengan terus menggerakan literasi di Maluku Utara,". Ucapnya.

Selain itu Gubernur juga mengharapkan agenda nasional tersebut dapat menjadi pintu masuk, dukungan untuk mewujudkan gedung perpustakaan di ibukota Sofifi, yang melengkapi fasilitas pelayanan literasi masyarakat Maluku Utara.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional saat memberikan sambutan melalui video converence, memberi apresiasi kepada Hj Faoniah Jaohar Kasuba dalam mendukung program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui organisasi yang dipimpin selama menjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan penasehat DWP. Ia berharap bunda baca Malut menjadi role model layanan perpustakaan untuk Malut sejahtera.

Syarif Bando menjelaskan, Malut pada tahun 2021 telah mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) berupa pembangunan gedung layanan sebesar 10 miliar. Ia berharap pemprov Malut melalui kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dapat mengusulkan pembangunan gedung layanan tahun 2022 dengan menyiapkan lahan bersertifikat dan memenuhi ketentuan lainnya.

"Kami memberikan hadiah bagi Pemprov Malut sebuah mobil layanan perpustakaan keliling, yang akan diserahkan pada bulan November mendatang". Terangnya

Sekedar diketahui, selain pengukuhan Bunda Baca juga dilakukan launching inovasi layanan Aku Membaca (Arsian Buku Memasak, Bertanam dan Cerita) yang digagas oleh Ketua DWP Malut Darmawati Samsudin.

Pengukuhan tampak dihadiri langsung oleh Gubernur Malut Kh. Abdul Gani Kasuba Lc, sekretaris Daerah Provinsi Malut Drs. Syamsudin Abdul Kadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rahwan K. Suamba, Ketua Dharma Wanita Persatuan provinsi, Darmawati Samsudin serta Tim Penggerak PKK provinsi Malut (adv/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini