DPRD Ihktiarkan Pemkot Ternate soal 14 M Dana Penangangan Corona

Editor: brindonews.com

Sudarno Taher.

TERNATE, BRN - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Derah mengikhtiarkan Pemerintah Kota Ternate soal penggunaan Dana Intensif Daerah atau DID. Ikhtiar tersebut menyusul pemerintah setempat menerima kucuran dana penanganan covid-19 sebesar Rp14 miliar.

Angota Komisi II DPRD Kota Ternate, Sudarno Taher meminta agar penggunaan dan penanganan virus corona atau covid-19 itu tepat sasaran. Penggunaan anggaran yang bersumber dari APBN itu diperuntukkan bagi kelompok yang terkena dampak covid-19, terumata UKM dan IKM.

“UKM dan IKM ini meliputi disektor pertanian, perikanan dan kelautan, perdagangan, maupun koperasi,” ucap Sudarno, 26 Oktober 2020.

Politisi PKS ini mengemukakan, dari besaran kucuran DID, ada empat organisasi perangkat daerah dilingkup Pemerintah Kota Ternate mendapat jatah paling besar. Empat instansi itu, sambung Sudarno, yaitu Dinas Pertanian, Disperindag, Dinas Perikanan dan Kelautan Dinas kemudian Dinas Pariwisata.

“Memang dana insentif daerah untuk penanganan Covid-19 ini ada tambahan. Soal penggunaannya nanti harus benar-benar tepat sasaran. Anggaran ini harus membutuhkan proses, terutama proses pendataan kemudian verifikasi data, apakah betul data yang masuk itu sesuai data rill atau bukan. Prinsipnya data yang masuk itu harus di verifikasi”.

“Kepada dinas-dinas penerima DID diharapkan akuntabel sehingga kegiatan bantuan yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tidak terkesan tumpang tindih dengan dinas lain yang menerima dana tersebut. karena bagaimanapun, DID tidak bisa digunakan untuk program lain, karena nomenklaturnya sudah diatur pemerintah pusat dan penggunaannya pun sesuai dengan rujukan dari pusat,” katanya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini