Sambut STQ dan Sail Tidore, Dispar Malut Perkuat SDM Pelaku Usaha

Editor: brindonews.com
Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Darwis Pua 


SOFIFI, BRN - Tingkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada para pelaku - pelaku Usaha Pariwisata ekonomi kreatif yang berada di Sofifi Provinsi Maluku Utara (Malut), Dinas Pariwisata Malut, gelar pelatihan dengan tema "Peningkatan SDM Pelaku Ekonomi Kreaktif" kegiatan tersebut berlangsung di Aulah Yusmar Pada Selasa, (16/9/2020).

Kegiatan pelatihan ini di buka oleh Staf Ahli Gubernur Malut bidang kemasyarakatan dan SDM Darwis Pua Dalam sambutan, bahwa pasca pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara Nasional di hentikan, masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasanya. Dilihat sejumlah tempat destinasi pariwisata sudah mulai di buka dan dikunjungi oleh wisatawan lokal, kemudian sejumlah pelaku ekonomi kreaktif di kawasan wisata sudah hampir beraktifitas sebagaimana biasanya.

Menurutnya kondisi seperti ini, pemerintah harus hadir untuk memberikan motivasi, semangat, dan petunjuk serta sosialisasi guna memberi dukungan moril bagi kelompok usaha kreaktif yang sedang tumbuh maupun yang baru dengan  memotivasi agar keluar dari kelesuhan pendapatan akibat dampak Covid-19.

Dia berharap  agar pelatihan ini dapat memberi penguatan pada sejumlah pelaku ekonomi kreaktif yang tersebar di Malut, Pelatihan ini juga di apresiasi oleh Gubernur karena Dinas Pariwisata sangat konsen mendorong pengetahuan, pemahaman pada sejumlah pelaku-pelaku pariwisata dan ekonomi keraktif di Malut.

Mantan Karo Umum ini menambahkan, bahwa Tujuan pariwisata harus meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan melalui tiga aspek yang harus disiapkan yaitu peningkatan jumlah kunjugan wisata, peningkatan investasi daerah, dan peningkatan usaha-usaha kreaktif masyarakat agar memberikan kenyamana dan pelayanan yang baik terhadap pengunjung destinasi wisata.

Olehnya itu, pelatihan SDM ekonomi kreaktif yang di laksanakan saat ini, diharapakan mampu mewujudkan keinginan dan harapan para pelaku ekonomi kreaktif terutama di Kota Sofifi.

Dikatakan, Kota Sofifi adalah pusat provinsi Malut, maka hendaknya sejumlah masyarakat harus mulai terdidik terbina dalam berbagai pengetahuan keramatamahan sehingga pelayanan yang baik akan berpengaruh pada kemajuan sofifi di masa depan.

"Terlebih lagi keterampilan pelayanan yang dimiliki masyarakat akan sangat memberi nilai tambah bagi Malut pada momentum kegiatan event STQ Nasional dan Sail Tidore 2021." Ujar Gubernur

Ditambahkan, Kedua momentum ini akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi sejumlah pesona pariwisata dan produk ekonomi kreaktif daerah. Dengan harapan agar produk yang di promosikan tersebut dapat berkelanjutan untuk kemajuan dan promosi Malut di Masa depan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Malut Tahmib Wahab menambahkan pelaku usaha ekonomi kreatif di Sofifi harus lebih berkreatif agar tidak kalah saing dengan Pelaku UKM yang lain. Ia juga berharap Setelah mengikuti pelatihan semoga dengan pengetahuan yang di peroleh dapat lebih meningkatkan lagi dan dapat di kembangkan di usaha masing-masing.

"Apalagi ke depan sofifi menjadi di tuan rumah STQ Nasional dan pelaksanaan Event Sail Tidore ,Tentu kedua ivent tersebut menjadi kesempatan para pelaku ekonomi kreatif pasiwisata sofifi untuk mempromosikan hasil-hasil prodaknya ke daerah lain" pungkasnya (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini