Pj Bupati Halut Optimis Menjaga Netralitas ASN Dalam Pilkada

Editor: brindonews.com
Irwanto Ali selaku pejabat sementara Bupati Halmahera Utara 

SOFIFI, BRN – Setelah di lantik sebagai Pejabat  Bupati sementara di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara (Malut), Irwanto Ali mengaku akan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta selalu menjalankan protokol kesehatan dimasa Pandemik Covid-19.

“ Hal ini dilakukan sesuai dengan amanat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tito Karnavian dan Gubernur Malut Kh. Abdul Gani Kasuba, “ Ujarnya kepada wartawan usai pelantikan pada Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, untuk menjaga netralitas ASN, dirinya akan melakukan kerja sama dengan  penyelenggara terutama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Guna mengawasi netralitas ASN dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkadah).

Tak hanya dalam menjaga netralitas ASN dalam Pilkada, Irwanto juga meminta kepada  masyarakat untuk selalu patuh terhadap Protokol kesehatan Covid-19 yang mana telah tertuang dalam amanat Kemendagri dari pusat sampai daerah wajib taat protokol kesehatan.

Tugas dan wewenang seorang Pejabat menurutnya sama dengan Bupati devenitif. Sebagaimana yang disampaikan Kemendagri maupun Gubernur bahwa, Pj Bupati dapat memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat serta memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dalam menjaga netralitas ASN.

“ Pejabat Bupati juga berhak melakukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) serta menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan dari Kemendagri. Saya telah mendapat persetujuan dari Mendagri untuk mengisi kekosongan pejabat Bupati sementara di Halut, “ Pungkasnya.

 Setelah dilantik menjadi Pejabat Bupati Halut, yang paling penting bagi Irwanto adalah melakukan reformasi birokrasi dan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan di Halut. 

Lanjut dia amanat yang diberikan Mendagri dan Gubernur Malut kepadanya merupakan amanat besar yang harus dijalankan sebaik mungkin dalam hal pemerintahan yang ada di Kabupaten Halut. “ Tutupnya

Share:
Komentar

Berita Terkini