Pendaftaran Bakal Calon, KPU Siapkan Protap Kesehatan

Editor: brindonews.com
Ketua KPU Kota Ternate M Zen A Karim 


TERNATE, BRN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate mengumumkan kesiapannya menyelenggarakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020. Proses tahapan pendaftaran calon kepala daerah akan dilakukan selama 2 hari terhitung mulai besok 4 hingga 6 September 2020.

Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen Karim mengatakan, dalam skema proses pendaftaran nanti akan menggunakan protokol kesehatan. Kesiapan itu dibahas dalam rapat pada Kamis, (3/9/2020).

Dalam rapat tersebut, KPU melibatkan Gugus Tugas penaganan Covid-19 Kota Ternate termasuk Dinas Kesehatan Kota. “ Karena itu bagi bapaslon besok yang mau mendaftar mobilnya tidak bisa masuk ke dalam, nanti di depan situ sudah ada petugas yang mengantisipasi,” katanya.

Dikatakan, hanya Bapaslon kemudian Ketua dan Sekretaris Partai pengusung yang di izinkan masuk ke dalam ruang pendaftaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
“Protokol kesehatan itu mulai dari cuci tangan sampai dengan pengukuran suhu tubuh, itu diberlakukan oleh Satgas Kota Ternate,” ucapnya.

Menurutnya, selain fokus pada proses pendaftaran juga, pihaknya akan tetap intens menginformasikan kepada masyarakat mengenai tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kota Ternate dengan menggunakan mobil pintar yang disediakan.

 “Sehingga mulai hari ini sampai seterusnya akan tetap memberikan informasi tentang pemilu, target kami supaya masyarakat yang ada di Kelurahan bisa mencover informasi mengenai Pilwako, sehingga di tanggal 9 itu mereka sudah tidak lagi bingung dengan Pilkada Kota Ternate,” jelasnya.

Mengenai target jumlah pemilih, M. Zen mengungkapkan, secara nasional KPU menargetkan jumlah pemilih pada Pilkada kali ini harus capai di angka 77 persen. Sehingga dengan demikian, pihaknya akan memanfaatkan fasilitas mobil pintar yang tersedia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Disentil mengenai jumlah daftar pemilih, ia mengaku saat ini jumlah daftar pemilih sementara (DPS) sedang direkap di tingkat Kecamatan, belum direkap secara keseluruhan. “Namun di pemutakhiran kemarin itu angka data pemilih kami itu itu 140.000 sekian, belum secara keseluruhan, tapi hasil mentah dari teman-teman di kecamatan itu sekitar 116.000 sekian,”Pungkasnya.(han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini