Optimalkan Sinergitas dan Kemitraan Wujudkan Pemilu Damai

Editor: brindonews.com


Foto Bersama Usai FGD

TERNATE,BRN - Gelar Diskusi Tiga Pilar yang dilakukan (Babinkamtibmas) Babinsa, dan Kepala Desa Lurah bertajuk " Kita Optimalkan Sinergitas Kemitraan Untuk Mewujudkan Pemilu tahun 2020 yang aman amai dan kondusif".

Kegiatan tersebut hadiri Karo Ops Polda Malut Kombes Pol Juwari SH. Dir Bimas Polda Malut Kombes Pol Dicky Ariyanto, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Moh.Iskandarmanto, Pasi Intel Kodim  1501/Ternate Kapten Inf Hidayat, Pa. Ur Binsiskamlin Polda Malut AKP Ikhsan, Ka.Ur Ren Subagrenmin Ditbimas Polda Malut AKP Hamid Yanma, Para Lurah se Kota ternate, para Babinsa Kodim 1501/Ternate, Para Bhabinkantibmas Polres Ternate, dan Tamu undangan yang berjumlah 50 orang
Karo Ops Polda Malut Kombes Pol Juwari saat diskusi mengatakan, yang intinya bahwa, dasar hukum Kamtibmas perang tiga pilar Kamtibmas undang-undang Nomor 2 Tahun 2002  tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia."

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia. Undang-undang republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dan Undang-undang Republik Republik Indonesia tentang tindak pidana pemberantasan terorisme, ujarnya.

" Tugas pokok tiga pilar Kamtibmas adalah pembinaan masyarakat tersebut dan deteksi dini dan mediasi".

Dengan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di desa atau kelurahan. Peran tiga pilar Kamtibmas yaitu sebagai pelopor harkamtibmas, merupakan ujung tombak penegakan protokol kesehatan di daerah juga sebagai pintu pertama untuk mencegah paham radikalisme terorisme peredaran miras dan narkoba." Komitmen tiga pilar Kamtibmas pada Pilkada serentak tahun 2020".

Lanjut dia, sebagai warga yang baik wajib setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta tunduk kepada perundang-undangan yang berlaku, ujarnya.

Sementara Dandim 1501/Ternate mengatakan, untuk mendukung tindakan pemerintah terhadap setiap orang yang melakukan perbuatan hukum dan terorisme yang dapat mengganggu keamanan Pilkada, Penyampaian Materi oleh Dandim 1501/ Ternate yang intinya

" Saya yakin kalau hubungan pimpinan atas seperti kapolda, Danrem ,Dandim maupun Kapolres pasti hubungannya baik, inipun seharusnya berlaku di bawah, untuk disini saya sampaikan bahwa tugas pokok dari TNI adalah, Menegakkan kedaulatan negara".

Masih Dandim, untuk mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI.

" Saya juga tekankan kepada Babinsa agar selalu terapkan 4S yakni Senyum ,sapa salam dan salaman dan melarang melakukan 3 M yaitu melotot,marah,memukul"

Tamba dia, Pemkot kota Ternate agar selalu melibatkan Babinsa maupun babinkamtibmas apabila ada kegiatan di tingkat  Pemkot Ternate agar bisa meminimalisir permasalahan di lapangan atau di wilayah binaaan.
Kata dia, untuk wilayah Kodim Ternate sendiri sangat luas diantaranya Kota Ternate dan Halbar, sementara wilayah Halbar yang menonjol saat ini  adalah permasalahan enam desa. Untuk itu kita sebagai tiga pilar harus bekerja keras untuk saling mengingatkan kepada keluarga, maupun warga binaan di masing-masing wilayah agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengunakan masker,sering cuci tagan dan rajin berolahraga dan terpenting jangan lupa untuk selalu berdoa. Tendasnya. (tex/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini