Hadapi Ancaman Krisis Pangan di Tengah Covid-19, Ini Langkah Pemkab Pulau Morotai

Editor: brindonews.com

Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pulau Morotai


MOROTAI,BRN – Di tengah ancaman krisis pangan, instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia untuk memperbanyak gerakan menanam selama Covid-19, telah ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Pulau Morotai, Anwar Husen saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Pemkab setempat telah melakukan survei di enam kecamatan yang tersebar wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

"Lahan yang dipersiapkan kurang lebih 42 ribu hektar dan lahannya bakal ditanam dengan tanaman ubi kayu dan ubi jalar," katanya melalui sambungan telpon, Rabu (16/09).

Lanjut dia, setelah menyediakan lahan, rencananya tim survei Badan Cadangan Logistik Strategis yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan turun langsung untuk melakukan survei lapangan.

"Kalau dari kementerian pertanian kita pasti sudah ada gambaran, tapi karena ini masuk di kementerian lain, jadi sistemnya kita belum tau," imbuhnya.

Ia menambahkan, program ini bukan hanya di Kabupaten Pulau Morotai, tapi seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Bahkan menurutnya, program ini dianggarkan langsung dari pemerintah pusat.

"Jadi, sistemnya mulai dari pengolahan sampai di pasar dikelola langsung oleh badan cadangan pangan logistik stategis, kita hanya siapkan lahannya saja," tuturnya.(red)

Share:
Komentar

Berita Terkini