Dinsos Malut Gelar Pemantapan Pelopor Pemuda Perdamaian Se-Malut

Editor: brindonews.com

Dinas Sosial Malut saat menggelar pemantapan pelopr Pemuda perdamaian Se-malut di hotel Muara Mall.

TERNATE, BRN - Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara menggelar pelatihan mengantisi terjadinya konflik sosial menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 9 Desember mendatang. Kegiatan pemantapan Pemuda Pelopor tersebut dilaksakan di Hotel Muara Mall.

 

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Maluku Utara Zulkifli mengatakan, Kegiatan berlangsung dua hari, dimulai pada Kamis sampai Jumat (18/9) itu diikuti 30 peserta dan dibuka langsung Kepala Dinas Sosial Maluku Utara, Andrias Thomas.

 

Pemantapan pemuda pelopor itu lanjut Zulkifli, bertujuan untuk meningkatan kapasitas dan kemampuan para tenaga pelopor perdamaian di kabupaten/kota Se-Maluku Utara. Tujuan lainnya sambung Zulkifli, dapat mendeteksi segala potensi yang memungkin menimbulkan konflik sosial di masyarakat, apalagi lagi dalam situasi pandemi Covid-19.

 

“Para pelopor diharapkan meningkatkan kemampuan mitigasi dan kecepatan dalam mendeteksi potensi terjadinya konflik di masing-masing daerah. Apalagi sekarang kita dihadapkan dengan 8 kabupaten kota di Maluku Utara menyelenggarakan Pilkada,” ucap Zulkifli usai pelatihan, Jumat (18/9).

 

Adanya pelopor pemuda perdamaian menurut Zulkifli, diharapkan bisa merangkul segala bentuk potensi lokal, termasuk mencegah terjadinya konflik. “Harapannya pilkada tahun berjalan damai. Agar pilkada dibilang damai, tentunya selain punya kemampuan menyelesaikan konflik, para pemuda pelopor perdamaian juga dituntut memiliki pemikiran yang terbuka tanpa mengabaikan prinsip-prinsip sebagai pekerja kemanusiaan,” ucapnya.

 

“Selain itu pemuda pelopor perdamaian juga harus mampu memahami kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing, sehingga setiap persoalan bisa dituntaskan dengan pendekatan adat dan kebiasaan setempat secara musyawarah,” sambungnya. (hana/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini