412 Guru Di Morotai Belum Kantongi sertifikasi

Editor: brindonews.com
 Kadikbud Pulau Morotai, "F. Revi Dara"

MOROTAI,BRN Sebanyak 667 guru baik TK, SD dan SMP/Sederajat yang berstatus sebagai Abdi Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pulau Morotai sebanyak 412 guru yang belum miliki sersetifikasi guru.

”Jadi status guru ASN sebanyak 667 orang, tapi baru 255 orang guru tersertifikasi, sisanya 412 orang yang belum,”ucap Kadikbud Pulau Morotai, F Revi Dara, Kamis (09/09).

Kata dia, daerah tidak memiliki kewenangan untuk mengusulkan sertifikasi agar bisa mendapatkan sertifikasi guru, kemendikbud yang memiliki kewenangan mengeluarkan kuota bagi guru yang ikut tersetifikasi.

”Jadi untuk miliki sertifikasi maka setiap guru harus mengikuti proses tes lewat online. Kalau mereka lulus baru mereka bisa mengikuti ujian sertifikasi. Jadi, kadang setiap tahun itu mereka buka kuota dari Kementrian untuk sertifikasi guru, karena tahun lalu itu ada kuota tes 15 orang dan beberapa guru yang sudah lulus,”katanya.

setelah mereka lulus. Kata dia, pihak Kemendikbud akan melakukan penempatan di daerah yang berbeda untuk mengikuti magang, seperti di Makassar selama 3 bulan bahkan ada juga 6 bulan 

”Untuk mendapatkan sertifikasi guru maka persyaratan yang pertama itu harus S1, dan setelah itu di lihat dari angka pasing grade. Intinya, kalau surat dari Kementrian terkait dengan kuota tes sertifikasi maka kami langsung upload pemberitahuan ke sekolah-sekolah yang ada di morotai,”imbuhnya.

Lanjut, memang sebelum Covid-19 saya sudah menghadap ke Sekretaris Dirjen dan beliau ingin semua guru harus memiliki sertifikasi, dan kami langsung mengundang beliau ke morotai, hanya saja karena Covid-19 sehingga beliau tidak jadi datang,”akunya.(red)


Share:
Komentar

Berita Terkini