Sekprov Malut Serahkan PCR ke RSUD Chasan Bosoeirie

Editor: brindonews.com



Penyerahan Mesin PCR
SOFIFI, BRN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boeseirie Ternate kembali mendapat bantuan satu unit mesin PCR dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara. Bantuan diserahkan langsung Sekprov Samsuddin A Kadir kepada Direktur RSUD dr. Samsul Bahri, Senin (10/8/2020) di rumah sakit.

Sekretaris Gustu Covid-19 Malut Samsuddin mengaku, sebelumnya terdapat kendala pemeriksaan spesimen karena harus mengirim ke BBLK Makassar dan BTKL-PP Manado, sehingga terjadi penumpukan dan hingga hasil yang diterima ada terlambat.

"Alhamdulillah satu unit mesin PCR yang kita miliki dan sudah terpasang bisa menyelesaikan dengan mudah,"ucap Samsuddin usai meninjau laboratorium PCR RSUD Chasan Bosoeirie Ternate

Samsuddin juga menyampaikan, dengan adanya mesin PCR cukup membantu para petugas yang bekerja dilaboratorium agar bisa bekerja lebih cepat. Selain itu, dirinya juga telah melakukan peninjauan beberapa persoalan yang mungkin segera di antisipasi terutama perluasan terkait ruangan yang masih sempit.

Samsuddin menuturkan, mesin PCR yang dimiliki baik melalui pengadaan Gugus Tugas maupun bantuan dari BNPB sudah bisa dioperasikan, namun untuk TCM sedikit bergantung dengan Cartridge.

Menurutnya, jika dalam sehari ada penambahan di bawah angka 100 maka pihak RSUD CB sudah bisa menyelesaikan.

"Saat ini mesin PCR sudah bisa menyelesaikan kurang lebih 120 sample sekali putaran, yang terdiri dari 96 sample sekali putaran mesin PCR pengadaan langsung Gugus Tugas Malut dan 30 sample dari mesin PCR bantuan BNPB,"pungkasnya

Sebagai Informasi, mesin PCR di RSUD Chasan Bosoeirie Ternate saat ini berjumlah tiga unit, dua merupakan bantuan dari Gustu Nasional Covid-19, dan satu unit dari Gustu Covid-19 Malut. (red/brn)
Share:
Komentar

Berita Terkini