Sarana BLK Pengembangan Akan Dibangun di Sofifi

Editor: brindonews.com


Pendatangan Mou Sarana Pembanguan BLK Pengembangan 
JAKARTA,BRN - Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) hibah tanah seluas 4,8 Hektar untuk pembangunan infrastruktur sarana prasarana BLK Pengembangan di ibukota Sofifi. Penandatangan ini di hadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan disaksikan oleh Dirjen Bina Lattas, Sesditjen Bina Lattas, Sekda Malut Samsuddin Abd Kadir, Kadis Nakertrans Malut Ir. Ridwan GP. Hasan, kepala kantor perwakilan  Malut, dan DPPKAD bag asset  malut, Dirjen Bina lattas. Satrio lelono, Sesditjen Bina Lattas  Surya Lukita


Kemnaker RI, Ida Fauziah mengatakan,  sebagaimana harapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dimana pengembangan sumberdaya manusia menjadi sangat prioritas, maka untuk mendukung hal tersebut, fasilitas pendukung seperti BLK di daerah  harus ditingkatkan kwalitasnya, sehingga masyarakat di daerah juga punya keahlian, karna belajar di BLK, dalam rangka peningkatan tenaga-tenaga kerja di daerah/lokal dapat terserap  oleh  perusahan sesuai kualifikasi yang dIbutuhkan.

Menurutnya, Pengembangan BLK  di Indonesia Timur khususnya di Ibukota Sofifi akan menjadi pusat pelatihan yang merangkum 3 Provinsi yaitu Sulut, Papua  dan Gorontalo. Untuk anggaran pembangunan SDM ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021. Selain itu juga ada dukungan anggaran khusunya program pembinaan UMKM dan peningkatan usaha-usaha mandiri yang saat ini tidak berjalan akibat penademi Covid-19.

Sementara itu Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba mengatakan, dengan akan dibangunnya BLK di Sofifi, diharApkan kedepannya nanti, masyarakat di daerah dapat memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan  sehingga upah yang diperoleh juga bisa  optimal, karna  sesuai  dengan keahliannya dimiliki.

Pertemuan antara, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Dirjen Bina Lattas , Sesditjen Bina Lattas, Sekda Malut Samsuddin Abd Kadir, Kadis Nakertrans Malut Ir. Ridwan GP. Hasan, kepalA kantor perwakilan  Malut, dan DPPKAD bag asset prov malut Dirjen bina lattas. Satrio lelono, Sesditjen Bina Lattas  Surya Lukita

Lanjut gubernur, pemerintah provinsi akan mengundang menteri Ketenagakerjaan untuk hadir dan melakukan peletakan batu pertama,, rencananya peletakan batu pertama pembangunan SDM ini akan di hadiri menteri ketenagakerjaan.” Semoga ibu menteri dapat meluangkan waktu untuk “ hadir meletakan batu pertama” .

Kadis Nakertrans Provinsi Maluku Utara Ridwan GP. Hasan mengatakan, penandatangan  MoU di pusatkan dikantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenaker) RI di Jalan Gatot Subroto Jakarta, Senin (24/8/2020). Fokus pelatihan yang akan di ajarkan adalah bidang perkebunan /pertanian, Perikanan dan Pertambangan. Khusus di bidang pertambangan akan ada bantuan khusus dari pemerintah RRT berupa pengadaan Mini Smelter yang nantinya akan ditempatkan di BLK  Pengembangan tersebut di Sofifi.

Mantan kepala DLH Malut ini berharap  inilah yg akan menjadi  jawaban terhadap janji janji pemerintah untuk bagimana meningkatkan sumberdaya manusia dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga penyerapan tenaga kerja lokal, peningkatan ketrampilan dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan dan kontribusi PAD dapat terwujud.” Pemanfaatan Teknologi yang ada pada pengembangan SDM ini sangat penting bagi masyarakat di Maluku Utara “

Perlu diketahui sumber anggaran untuk pembangunsn BLK pengembangan dari APBN murni tahun 2021. dan akan dibuat dalam dua tahapan  berdasarkan isi dari NPHD yakni tahap 1 fisik bangunan dan tahap 2 peralatan, sementara itu  pekerjaan pagar keliling  dan master plan sudah sementara dilaksanakan di tahun ini dengan lokasinya di Desa Durian Sofifi (tim/red)



Share:
Komentar

Berita Terkini