Akibat Abrasi, Sejumlah Rumah di Morotai Rusak

Editor: brindonews.com
Rumah Warga yang rusak akibat Abrasi

MOROTAI,BRN- Sebanyak 30 unit rumah di Desa Buhobuho dan Hino Kecamatan Morotai Utara rusak parah dihantam abrasi.

Di bulan Agustus, abrasi mulai mengancam dua desa tersebut Namun puncaknya terjadi pada saat air pasang dalam seminggu terakhir ini, hingga mengakibatkan 30 rumah rusak. Bahkan ada sebagian rumah yang bagian dapurnya sudah rusak akibat dihantam air pasang.

"Kami mohon kepada Pemda Morotai agar bisa bangun talud biar rumah kita bisa aman dari ombak," pinta salah satu warga yang terdampak.

Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai  Hean Rakomole mengatakan, memang benar adanya rumah warga yang rusak akibat abrasi. Olehnya itu pemerintah kabupaten wajib memperbaiki

"Tadi saya sudah koordinasi dengan Dinas PU. Saya juga sudah meminta bantu ke teman-teman DPRD Provinsi dapil Morotai, agar masalah abrasi di Desa Hino - Buhobuho itu juga bisa didorong di Provinsi," katanya.

Terpisah Kepala Dinas PU Pulau Morotai, Abubakar A Rajak, ketika dikonfirmasi mengatakan masalah abrasi di Desa Hino sudah diusulkan ke Kementrian PU-PR. Usulannya 400 meter dengan anggaran Rp 16 miliar.

Untuk skema pembangunannya, akan dibuat seperti Talud Buhobuho yang dibangun Balitbang Kementrian PUPR, akan tetapi anggaran yang tidak sama. Sebab Pekerjaan Talud Buhobuho itu sangat besar.

" Kita akan bangun talud untuk kepentingan Kalau kita ikut model yang dibangun Balitbang nilainya terlalu besar karena hitungan per meter 40 juta, kalau yang kita usul ini per meter dia 20 juta," tuntasnya.(fix/red(

"

Share:
Komentar

Berita Terkini