KPU Halbar Harap PPDP Hasilkan Data Pemilih Berkualitas

Editor: brindonews.com
PILKADA 2020.
JAILOLO, BRN - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Halmahera Barat melaksanakan apel kesiapan sinkronisasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4 dan Daftar Pemilih Tetap terakhir. Apel kesiapan Gerakan Pencocokan dan Penelitian data pemilih itu digelar di Lapangan Apel KPU Halmahera Barat di Desa Hoku - Hoku Kecamatan Jailolo.

Ketua KPU Halmahera Barat Miftahuddin Yusup mengatakan, apel kesiapan dalam rangka Pencocokan dan Penelitian atau Coklit ini dilakukan serempak disemua daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020.

Miftahuddin menyatakan, tahapan coklit tersebut agar menghasilkan data pemilih yang berkualitas. Petugas panitia pemutakhiran data pemilih atau PPDP diimbau untuk melaksanakan tugasnya mencoklit secara benar dan sungguh-sungguh. 

“Dan untuk melahirkan data pemilih yang berkualitas itu berada di tangan PPDP selaku ujung tombak,” katanya. “Diharapkan kepada seluruh pihak yang terlibat agar bahu-membahu dalam menciptakan suasana damai dan indah di setiap tahapan pilkada,” sambungnya.

Pencocokan dan penelitian data pemilih itu menurut Mifta sudah sesuai PKPU  Nomor 5 ataupun PKPU Nomor 6 tahun 2020. Acuan atau pedoman tentang jadwal pelaksanaan tahapan pilkada tersebut tahapan coklit ditetapkan pada tanggal 15 Juli - 13 Agustus 2020.

“Sedangkan Gerakan Pencocokan dan Penelitian sesuai dengan instruksi KPU RI dilaksanakan pada tanggal 18 Juli hari ini untuk 270 daerah di seluruh Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak,” jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Komisioner KPU Maluku Utara Hi. Buchari Mahmud. Devisi Tehnik ini menyebut tahapan coklit merupakan tahapan lanjutan. Keterlambatan tahapan ini lanjut Buchari, dikarenakan ada penundaan jadwal dan tahapan pilkada akibat pandemi Covid-19.

“Memang kalau berdasarkan pada penetapan sebelumnya, itu tahapan pencoblosan dilaksanakan 23 September mendatang. Jadi mungkin sekarang ini kita sudah masuk pada tahapan pendaftaran bakal calon pasangan kepala daerah di tanggal 4 - 6 Juli 2020,” ucapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini