Inspektorat Bakal laporkan Hasil Temuan BPK ke Kejati Malut

Editor: brindonews.com
Foto Ilustrasi Uang Tunai 


TERNATE, BRN – Pemerintah provinsi Maluku Utara dalam waktu dekat akan melimpahkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada kejasaan Tinggi malut terkait temuan senilai Rp 29 Miliar untuk ditindaklanjuti secara hukum.

Kepala Inspektorat Maluku Utara (Malut) Ahmad Purbaya kepada wartawan Selasa (21/7/2020) mengatakan sebelum di proses hukum, inspektorat memintah kepada kejati malut pemulihan kerugian Negara yang hingga saat ini belum juga diselesaikan.

Menurutnya, apabila proses pumulihan kerugian Negara dan tidak di respon oleh pihak pihak yang terikat dengan temuan BPK, Inspektorat akan merekomendasikan kepada kejati malut untuk melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

Kata dia, untuk hasil temuan BPK di bawa tahun 2014, inspektorat merasa kesulitan, sebab sudah banyak pegawai yang pinda baik itu di wilayah Maluku utara maupun di luar Maluku Utara. “ Kami sangat sulit karena banyak pegawai yang sudah pindah” . 

Akibat dari kesulitas tersebut, pemprov akan mendorong ke BPK Pusat untuk penghapusan, karena inisial oknum-oknum tersebut tidak diketahui keberadaanya.  

Sementara untuk temuan BPK mulai dari tahun 2015-2020, inspektorat rencanaya senin pecan depan akan memasukan laporan ke Kejati malut untuk dilakukan pemulihan keuangan Negara. Apabila tidak direspon oleh opd-opd yang merasa terlibat akan dilakukan proses hukum.

“ kami masukan laporan ke kejati untuk pemulihan keuangan Negara sebelum masuk pada proses hukum “ (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini