Gubernur dan OPD Diminta Segera Tindak Lanjut Rekomendasi Pansus LKPJ

Editor: brindonews.com
 Ketua Pansus LKPJ, H. Muahaimin Syarief 

SOFIFI,BRN - Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara  meminta kepada Gubernur dan OPD untuk segara menindaklanjut dan menyelesaikan rekomendasi pansus terkait Laporan Hasil Pertanggungjawaban Gubernur Malut tahun 2019.

Ketua Pansus LKPJ, H.Muhaimin Syarief kepada redaksi brindonews.com via handphone Senin (6/7/2020) mengatakan, rekomendasi yang keluarkan pansus itu ada catatan-catatan yang dipandang perlu untuk di tindaklanjuti oleh OPD. Apabila rekomendasi itu ada indikasi kegiatan yang tidak tuntas maka segera dilakukan audit kembali oleh inspektorat.

“ Kalau pansus menemukan ada indikasi kekurang dan kelebihan volume pada pekerjaan, makan diapandang perlu untuk dilakukan audit kembali oleh inspektorat”.

Menurutnya, dalam dokumen LKPJ Gubernur perlu menyediakan data menyeluruh terkait dengan perkembangan dan indikatornya dalam setiap program kegiatan yang menunjukkan gambaran kebijakan pemerintah secara relevan dan utuh.

Muahaimin yang juga Ketua Komsi III DPRD malut ini menambahkan,  capaian kinerja pemerintah Provinsi Maluku Utara Tahun 2019 belum sepenuhnya optimal. Semua program dan kegiatan yang menyerap anggaran belanja belum dapat diukur kinerja baik output maupun outcome. Pemerintah seharusnya memperhatikan azas fungsional dan manfaat yang diharapkan masyarakat.

kata, politisi Partai Gerindra,  setelah di keluarkan rekomendasi, pansus memberikan waktu selama 30 hari kepada eksekutif untuk segera menyelsaikan hasil yang ditemukan pansus di lapangan.

H Erwin Umar 
Terpisah juru bicara pansus LKPJ, H. Erwin Umar mengatakan,  untuk keterlambatan pekerjaan yang belum dikenakan denda kepada pihak ketiga, agar ditindaklanjuti oleh dinas-dinas terkait. Begitu juga, kepada Inspektorat dan BPK agar segera melakukan mengaudit nvestigasi atas temuan-temuan Pansus dilapangan.

Politisi Perindo ini menambahkan, kepada Gubernur agar kedepan lebih selektif memilih Pimpinan OPD yang memiliki besic keilmuan sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apabila rekomendasi Pansus tidak di tindaklanjuti oleh OPD terkait, maka DPRD akan menindaklanjuti melalui kerja kerja  komisi, katanya.

Dirinya berharap, setiap OPD terkait agar memperbaiki kinerjanya dan juga membuat perencanaan pembangunan yang matang, sehingga tidak lagi terjadi kesalahan ataupun tidak tepat dalam penentuan lokasi. Juga pembangunan yang tidak berfungsi segera difungsikan dengan pembangunan lanjutan ataupun berkoordinasi dengan Kabupten/Kota untuk melanjutkan pembangunan sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat setempat, harapnya.(red/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini