Bimtek Penguatan Pengawasan Sinkronisasi DPT Pemilu 2019 dan DP4

Editor: brindonews.com
Ketua Bawaslu Halmahera Barat, Alwi Ahmad.
JAILOLO, BRN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Barat menggelar bimbingan teknis atau bimtek bagi pengawas pemilu se-Kabupaten Halmahera Barat. Bimtek memperkuat pengawasan pemutahiran data pemilih Pilkada 2020 itu dilangsungkan di d’hoek Hotel, Jumat (10/7) siang.

Kepala Sekretariat Bawaslu Halmahera Barat, Hariyanto M. Taher mengharapkan para peserta serius mengikuti setiap materi yang dipaparkan pemateri. Pemutakhiran data pemilih menurutnya, merupakan tahapan yang sangat penting, termasuk pencocokan dan penelitian di enam desa.

“Kami sangat berharap agar setiap materi yang didapatkan dapat disosialisasikan di kecamatan masing-masing, lebih khususnya di Kecamatan Jailolo Selatan,” katanya.

Muhammadun Adam mengatakan, bimtek ini merupakan kegiatan pertama pasca diaktifkannya kembali panwascam. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh panwascam dapat melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Koordinator Devisi SDM itu meminta seluruh panwascam Halmahera Barat, termasuk pengawas pemilu kelurahan/desa intens berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.

Diperlukannya kerjasama ini menurutnya, sehingga pengawasan tahapan pemutahiran data pemilih bisa berjalan baik. Selain itu, juga memastikan seluruh masyaratkat Halmahera Barat dapt terakomodir dalam daftar pemilih tetap pada pemilihan bupati dan wakil bupati 9 Desember 2020 nanti.

Muhammadun mengemukakan, keterlambatan tahapan pilkada tahun ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang mewabah Indonesia. Penundaan tahapan tersebut, lanjut Muhammadun, berdampak pada pemberhentian sementara penyelenggara ad hoc di jajaran Bawaslu.

Alwi Ahmad mengemukakan, sinkronisasi antara DPT 2019 dan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2020 merupakan tahapan krusial. Dibilang krusial kata dia, selain dilaksanakan ditengah pandemi wabah virus corona, juga menjaga dan mengawal hak pilih masyarakat.

“Untuk itu saya berharap lebih efektif melakukan pengawasan pemutahiran data pemilih sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik,” katanya.

Ketua Bawaslu Halmahera Barat ini meminta jajarannya fokus dalam setiap tahapan pilkada, terutama pemutakhiran atau pencocokan dan penelitian (coklit).

“Kami minta kepada para panwascam se-Halbar khususnya Panwascam Jailolo Selatan agar dapat bekerja lebih intens (ektra) sebab enam besa juga masuk dalam pengawasan panwascam Jalsel,” ujarnya. (an/red).

Share:
Komentar

Berita Terkini