|

TNI AL Ternate, Distribusi Ribuan Logistik Di Pulau Terluar




TERNATE, BRN - Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan laut (TNI AL) Di Ternate  Provinsi Maluku Utara (Malut), mendistribusikan ribuan bantuan paket sembako gratis kepada warga yang kurang mampu di pulau terluar ditengah wabah virus Corona (Covisd-19)
Bantuan sembako gratis sebanyak 1000 paket lebih, yang disalurkan kepada warga di pulau terluar, dengan menggunakan kapal KAL Tidore Satu milik pangkalan TNI angkata laut.

Kapal yang membawa bantuan sembako itu langsung menyisir sejumlah Desa Terpencil  di tiga pulau terluar yaitu dipesisir Pulau Kayoa, Pulau Makian, dan Pulau Moti yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan.
Pantauan media ini, penyaluran paket sembako dipimpin langsung Komandan TNI Angkatan Laut Ternate Kolonel Whisnu Kasurdianto beserta jajaranya yang berlangsung di setiap dermaga dengan menggunakan protokol Covid yaitu menjaga jarak dan memakai masker.


Kata dia,  pembagian dibeberapa dermaga saja karena Arus gelombang yang begitu ekstrim,h ingga membuat kapal KAL Tidore tidak bisa berlabu di dermaga Desa lain yang di tujuh yaitu Pulau Leilei, pasir putih dan Guraping. Sehingga Kepala Desa dan warganya terpaksa harus memakai longboat guna mengambil paket sembako di Kapal Milik TNI
Aksi Sosial ini memakan waktu selama dua hari sejak Jumat, (12/6) kemarin sampai hari ini untuk dapat menyalurkan bantuan yang berupa Beras, minyak goreng, gula, Kopi, Daun Teh, super me, dan Masker.

Kolonel P Whisnu Kasardianto saat Pembagian paket sembako di Pulau makian,  dirinya mengucapkan " Alhamdulillah kami telah melakukan bakti sosial dalam rangka membantu masyarakat kita yang terkena dampak akibat pandemi Covid 19, saya juga berterima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam aksi sosial ini" Lanjut Wisnu kegiatan ini murni dari pihaknya semua dan sasarannya adalah untuk masyarakat yang ada di pulau-pulau terluar.
Menurutnya selama ini dia melihat banyak bantuan dari pemerintah, Namun sasarannya hanya ke Kota Ternate dan pulau Halmahera, Oleh sebabnya masyarakat yang ada di pulau-pulau kecil tidak mendapatkan dukungan dari pihak yang ada saat ini.

Meskipun Terkendala dengan cuaca  namun semangat Personil TNI AL dapat mengatarkan sembako hingga sampai ke tempat tujuan.

Kemudian Pendistribusian paket sembako ini merupakan kerja sama TNI AL Ternate, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah masuk pada tahap ke dua dengan jumlah paket sembako sebanyak 300 paket kemudian direncanakan pekan depan TNI AL akan laksanakan distribusi tahap ke tiga di pulau batang dua dengan jumlah paket sebanyak 400.

" Warga yang menerima bantuan sembako gratis ini merasa gembira karena selama ini iidup mereka sebagian besar dari hasil tangkapan ikan, dan kondisi pandemi covid-19 ini mata pencarian menjadi Terhambat" Tambahnya.

Harapannya agar masyarakat tetap patut menggunakan protokol Covid-19 bukan berarti relaksasi yang ditangani pemerintah, ada yang merasa sudah aman seperti awal covid, tetapi dengan tujuan diberikan kelonggaran untuk kebutuhan ekonomi masyarakat agar bisa berjalan kembali dengan tetap disiplin protokol covid-19. (han/red)

Komentar

Berita Terkini