Polisi Tangkap Empat Pelaku Komplotan Pencuri Elektronik

Editor: brindonews.com
Kepala Polres Ternate, AKBP. Aditya Laksimada merilis hasil pengungkapan tindak pidana pencurian di depan Ruang TMMC Polres Ternate. Para pelaku dan barang bukti ikut dihadirkan dalam jumpa pers.
TERNATE, BRN - Kepolisian Resort atau Polres Ternate kembali mengungkap sindikat pencurian laptop dan handphone. Sebanyak empat tersangka berhasil diamankan dalam kasus tersebut.

Empat tersangka yang diamankan itu masing-masing SJ, SM, MR, dan S. Keempat orang ini kerap beroperasi di 16 lokasi yang melingkup 12 kelurahan yaitu Jambula, Kastela, Sasa, Gambesi, Ubo-ubo, Jati, Bastiong, Soa, Akeboca, Akehuda, Tubo, dan Tabam.

Kepala Polres Ternate, Ajun Komisaris Besar Polisi Aditya Laksimada mengatakan, operasi komplotan maling barang elektronik tersebut terbongkar ketika M, warga Kelurahan Tabam melaporkan kehilangan ponsel pada Minggu 14 Juni 2020 pekan lalu.

Dalam laporannya, lanjut Aditya, M melaporkan kalau ponselnya hilang dicuri orang. “Kamis 25 Juli 2020, Resmob Ternate berhasil menangkap MR dan SM di Kelurahan Toboleu. SJ ditangkap di Kelurahan Kalumata, sementara S ditangkap di Sidangoli, Halmahera Barat pada Minggu 28 Juni kemarin,” kata Aditya saat jumpa pers, Senin (29/6) pagi.

Berpura-pura Sebagai Pembeli

Laporan kehilangan handphone M tersebut menyusul aksi pencurian di Kelurahan Tabam, Ternate Utara pada Sabtu 13 Juni 2020 pekan lalu. Modus yang dilakukan, lanjut Aditya, berpura-pura sebagai pembeli.

“Saat itu mereka berhenti di depan warung milik M. Melihat kondisi warung yang sepi, mereka berpura-pura memanggil pemilik warung dengan maksud membeli namun tidak ada sautan dari dalam warung. SJ kemudian masuk dan mengambil sebuah ponsel. SJ dalam melakukan aksinya, ketiga kawannya mengamati keadaan sekitar,” sebutnya.

Dari pengungkapan kasus ini, kata dia, sebanyak 12 ponsel, 9 laptop, dan dua unit sepeda motor berhasil diamakan sebagai barang bukti. Para pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 1 huruf 4 dengan ancaman 7 tahun penjara.

“Bagi warga Ternate yang merasa kehilangan (handphone dan laptop) itu bisa mendatangi Mapolres Ternate untuk mengecek barang bukti tersebut,” ucapnya. (akul/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini