|

Penuhi Syarat dan Ikuti Serangkaian Tes ini Kalau Ingin Masuk Halsel

Pelabuhan Babang, Kabupaten Halmahera Selatan.
LABUHA, BRN - Pengawasan akses masuk dan keluar di Halmahera Selatan lebih di perketat. Upaya ini dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19, sekaligus mengurangi resiko atau potensi penularan di kabupaten tersebut.

Masyarakat Halmahera Selatan hanya diperbolehkan bepergian kalau sudah melengkapi persyaratan. Mulai dari surat keterangan sehat dari puskesmas setempat serta wajib mengikuti serangkaian tes yang dilakukan tim medis gugus tugas di pelabuhan.

Sekretaris Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 Halmahera Selatan, Daud Djubedi menjelaskan, pemberlakuan persyaratan tersebut sifatnya wajib. Pengetatan akses masuk ini, lanjut Daud, berlaku sama bagi masyarakat lain yang hendak masuk ke Halmahera Selatan.

Warga Halsel yang melakukan bepergian antar kabupaten/kota di Maluku Utara, cukup memiliki surat keterangan sehat dari puskesmas. Tapi kalau berpergiannya di luar Provinsi Maluku Utara harus ada surat khusus dari Satgas Covid-19 Halsel, begitu juga dengan hendak akan masuk Halsel. Harus punya riwayat perjalanan dari luar Maluku Utara,” kata Daud, Selasa (9/6).

Daud menyatakan, yang bukan penduduk Halmahera Selatan atau ber-KTP dari luar akan dipulangkan kalau tidak memiliki surat keterangan non reaktif rapid test.

“Kalau tidak ada persyaratan itu (non reaktif rapid test), maka kami pulangkan ke daerah asal. Ongkos perjalanan pulangnya di tanggung pribadi,” sebutnya. (jr/red)

Komentar

Berita Terkini