|

Pemkab Halbar Siapkan Paket Umrah Bagi Pemenang Satu MTQ

Bupati Dany Missy saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke XXVII di Halmahera Barat.
JAILOLO, BRN - Penyelenggaran Musabaqah Tilawatil Qur’an atau MTQ di Halmahera Barat, Maluku Utara resmi digelar. Pembukaan MTQ keXXVII tingkat Kabupaten Halmmahera Barat itu berlangsung di Vila Gaba, Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo.

Bupati Dany Missy menyebutkan, MTQ merupakan ajang seni baca tulis Al-Qur’an yang digelar berjenjang secara nasional. Inti dari MTQ adalah membentuk karakter masyarakat Halmahera Barat yang religius.

“Bagaimana kita membentukan masyarakat yang religius, semua itu kita harus laksanakan kegiatan-kegiatan yang religius pula,” kata Dany saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan, Rabu (24/6).

Bupati Halmahera Barat ini menyatakan, pemerintah akan terus melakukan kegiatan keagamaan semacam ini. Dany menjanjikan kepada pemenang satu bakal diberi hadiah berupa paket umrah dan pendidikan agama di luar daerah Halmahera Barat.

“Peserta juara satu, sesuai janji saya akan diberikan umrah dan pendidikan agama secara gratis,” ucapnya.

Ketua LPTQ Halmahera Barat, Syahril Abd Radjak mengatakan, penyelenggaraan MTQ tahun ini menerapkan protokol pencegahan covid-19. Metode atau pola kegiatan, kata dia, dilakukan di masing-masing kecamatan dan dilaksanakan secara bergiliran.

“Setelah satu kecamatan sudah selesai, maka kita mengundang kecamatan lainnya, begitu seterusnya sampai 8 kecamatan ini semuanya mendapat giliran,” sebutnya.

Ketua panitia MTQ, Hi. Samsuri Madjid menambahkan, rencananya MTQ tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Ibu Selatan. Pengalihan tempat kegaiatan di Vila Gaba tersebut, lanjut Samsuri, pertimbangannya karena Covid-19.

“Diikuti 122 peserta dengan14 orang Juri yang memiliki kompetensi. Protap kegiatan sesuai protokol pencegahan Covid-19,” ucapnya. (an/red)

Komentar

Berita Terkini