|

Musyrifah : Anak-anak Butuh Peran Orangtua Cegah Penularan Corona

Musyrifah Alhadar
TERNATE, BRN - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau P3A Maluku Utara, Musyrifah Alhadar mengemukakan, tujuan memberikan bantuan kepada enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih berusia dibawah umur itu bentuk dukungan moral.

Bantuan yang berikan, lanjut Musyrifah, berupa perlengkapan mandi, cairan pembersih atau hand sanitizer, snack anank, minuman, buah-buahan serta mainan anak-anak, alat tulis dan buku bacaan sesuai usia.

Bantuan keenam anak itu diterima Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Marajabessy,” kata Musyrifah didampingi Kepala Dinas PPPA Kota Ternate Marijorie Adnan Amal.

Musyrifah berharap bantuan yang berikan itu dapat membantu anak-anak, termasuk bisa belajar dan bermain. “Harapannya tidak membuat mereka (jenuh) di tempat karantina,” ucapnya.

Di Maluku Utara sendiri sudah ada tiga kabupaten yang anak-anaknya terinfeksi corona. Tiga daerah tersebut diantara Ternate 6 kasus, Tidore 4 kasus (termasuk bayi 11 bulan) dan Sula 1 kasus.

“Untuk daerah-daerah ini (bantuan) sudah disiapkan. Tidore, Sanana, dan Morotai segera disalurkan,” tambahnya.

Peran Orangtua

Kepala Dinas P3A Maluku Utara, Musyrifah Alhadar memberikan bantuan secara simbolis kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Marajabessy.

“Tetap semangat, makan makanan yang bergizi, dan olahraga yang cukup. Dan Tak kalah penting ikuti semua anjuran dokter dan perawat sehingga mempercepat proses penyembuhan,” sebutnya.

Musyrifah mengemukakan, dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, perlu ada peran orangtua. “Kita sebagai orangtua harus selalu berikan pemahaman kepada anak-anak dengan cara-cara yang mereka mengerti tentang pentingnya hidup sehat,” katanya.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Wilayah Maluku Utara, Rais Dero mengapresiasi Dinas PPPA. Ia mengatakan, disamping menghentikan penyebaran virus corona dari sisi medis, pemenuhan pendidikan dan kesehatan demi masa depan anak-anak ditangah pandemik harus dijalankan sama rata.

“Sebagai mitra Komnas PA, kami mendukung upaya pemerintah daerah melalui dinas terkait melindungi anak-anak di Maluku Utara,” ucap Rais. (han/red)

Komentar

Berita Terkini