|

Kominfo Halbar Upgrade Jaringan dari 2G ke 4G LTE

Ilustasi jaringan 4G LTE. (Foto.google)
JAILOLO, BRN - Kabupaten Halmahera Barat merupakan daerah pertanian, perkebunan, pariwisata, dan perikanan laut. Pemenuhan jaringan telekomunikasi yang memadai menjadi hal penting bagi masyarakat di Halmahera Barat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Halmahera Barat Chuzaemah Djauhar. Pernyataan itu disampaikan menyusul adanya imigrasi dari jaringan 2G ke 4G LTE.

Chuzaemah mengatakan, peningkatan atau upgarade jaringan generasi keempat 4G LTE tersebut melalui program Tower BTS USO BAKTI-KOMINFO. Kerjasama pemenuhan akses telekomunikasi dengan Kominfo-Bakti dan provider (Telkomsel, XL dan Indosat), lanjut Chuzaemah, sejumlah Tower BTS USO sudah dikerjakan di beberapa titik di Halmahera Barat.

“Total Tower 4G maupun 2G sudah terpasang melalui program ini sebanyak 23 Tower. Sebanyak sepuluh tower berkapasitas 4G dan sisanya masih 2G. Daerah lain yang belum terealisasi akan segera menyusul untuk dibangun Tower BTS USO BAKTI KOMINFO,” kata Emma, begitu Chuzaemah biasa disapa, Selasa (23/6).

Emma bilang, saat ini layanan 2G hanya dapat digunakan untuk panggilan telepon, mengirim dan menerima pesan singkat Short Message Service atau SMS. Masyarakat Halmahera Barat boleh mengakses layanan internet kalau imigrasi dari jaringan 2G ke 4G LTE sudah selesai.

“Peningkatan jaringan dilakukan bertahap. Keberadaan jaringan 4G ini diharapkan menjawab kebutuhan akses internet di pelosok-pelosok desa, sehingga masyarakat dapat merasakan fasilitas sinyal 4G, dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet melalui gadget android maupun iOS,” ucapnya. (an/red)

Komentar

Berita Terkini