Kasus positif Covid-19 Di Dua Kabupaten Naik Secara Signifikan

Editor: brindonews.com
juru bicara Covid-19 Malut Alwiah Assagaf
TERNATE, BRN -  Perkembangan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Maluku Utara (Malut) semakin bertambah.  meskipun ada pengurangan karena bertambahnya  kasus sembuh positif covid-19. Namun pertambahan kasus positif lebih melonjak naik secara signifikan.

Juru bicara penaganan Covid-19 Malut dr Alwiah Assagaf, Minggu, (27/6/2020), menyampaikan bahwa berdasarkan  hasil pemeriksaan melalui tes cepat molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate,  sebanyak 33 spesimen  dari 29 orang untuk diagnosis 12 orang, follow up 17 orang. Kemudian  melalui polymerase chain reaction (PCR) Rumah sakit  Siloam Manado diperiksa 10 spesimen dari 10 orang  untuk diagnosis.

Maka hasil pemeriksaan yang  terkonfirmasi positif melalui TCM RSUD  Chasan Bosorie  sebanyak 11 orang, PCR RS. Siloam 10 orang sehingga total positif sebanyak 21 orang.  dengan sebaran  dari 21 orang tersebut  dianatarnya, 10 orang dari Kota Ternate, 10 orang dari kab. Halmahera utara (Halut) dan 1 orang dari Kab. Halmahera Tengah (Halteng). 

Alwia menyebutkan, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di provinsi Malut sampai saat  ini menjadi  719 orang, selanjutnya kasus baru ini akan disebut sebagai kasus 699 sampai dengan kasus 719.

Lanjut dia, untuk sementara jumlah kasus sembuh karena  covid – 19 berdasarkan hasil pemeriksaan follow up melalui TCM RSUD Chasan Bosoirie dengan hasil negatif ke dua maka dinyatakan sembuh sebanyak 4 orang, yaitu kasus dengan nomor pasien 7 berinisial (Wa), kasus  121 inisial (SS) keduanya berasal  dari kota Ternate dan kasus dengan nomor pasien 164 berinisial (RM), kasus 165 inisial (PW), keduanya berasal dari Pulau Morotai.

“ untuk itu jumlah kasus sembuh covid-19 sampai dengan saat ini berjumlah 103 orang. Sedangkan jumlah kasus meninggal karena Covid – 19 tidak ada perubahan dan masih tetap pada angka sebelumnya yaitu 31 orang”. ()
Share:
Komentar

Berita Terkini