|

Habiskan Ratusan Juta Pekerjaan Lendscape Inspektorat Halsel Dinilai Mubajir

Lanscape Kantor Inspektorat Halsel 


HALSEL,BRN – Pekerjaan pembangunan Landscape kanror Inspektorat Halsel yang menelan anggaran ratusan juta dinilai mubajir. Buktinya pasca dikererjakan, landscape tidak lagi berfungsi salah satunya kolam air mancur, bahkan kolam tersebut sudah berlumu. Proyek pembangunan Landscape kantor Inspektorat dikerjakan CV Niaga Motor Abadi tahun anggaran 2016 yang menelan biaya senilai Rp 452.349.800.00.

Kepala Inspektorat Slamet Ak kepada wartawan, Selasa (16/6/2020) mengakui, pekerjaan Lendscape tersebut menghabiskan biaya senilai Rp 452. 349.800.00 dan itu sudah termasuk  satu unit kolam dengan nilai 150.000.000. Jumlah anggaran itu sudah termasuk pekerjaan kolam dengan  pagu anggaran senilai Rp 150 juta”.

Alasan tidak aktifnya kolam tersebut karena terkendala listrik. Selain itu, kolam yang dilengkapi 30 pompa air mancur mengalami kerusakan di tujuan pompa. Sementara lampu sendiri sebanyak 100 buah, per buah Rp 500. 000.

Untuk mengaktifkan kembali air mancur dan  lampu pihaknya membutuhkan biaya pemeliharaan. Namun, Slamet tidak merinci jumlah biaya yang dibutuhkan.
"Jadi, masalahnya sering mati listrik tahun kemarin itu sehingga rusak lampunya. Meteran juga ikut rusak." sebut Slamet.

Terpisah Direktur LSM Laskar Merah Putih, Alim Abdul Rahman menilai pembangunan Landscape kantor Inspektorat diangap Mubajir. Penilaian ini dikemukakan karena pembangunan Landscape tersebut tidak berdampak apa-apa bagi kesejahteraan masyarakat Halmahera Selatan.

Kata Alim, Lendscape senilai Rp 400 juta lebih tersebut tidak menjamin kinerja Inspektorat melakukan pengawasan terhadap anggaran daerah juga semakin baik. Bukti buruknya kinerja Inspektorat dilihat dari audit dana desa yang sampai sejauh ini terkatung-katung.
"Percuma saja kantor dibangun bagus-bagus tapi kinerjanya buruk tidak sebagus kantornya." pungkas Alim.(jr/red)




Komentar

Berita Terkini