|

Gerakan Bansos Dibalik Pandemi Covid-19

Foto bersama
SULA, BRN – Dimasa pandemi covid-19, tentu membutuhkan peran dan perhatian dari semua pihak. Hal tersebut tidak hanya mengharapkan sepenuhnya kepada pemerintah namun Generasi Millenial Desa Waitamela Kabupaten Kepulauan Sula yang terhimpun dalam komunitas Generasi Peduli Waitamela (GENPEWA) yang merupakan solidaritas dari pelajar mahasiswa dan pemuda waitamela telah berkomitmen mengambil peran dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak covid-19 di Desa Waitamela.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari sejak tanggal 13 sampai 14 Juni berupa pembagian sembako dan sosialisasi tentang pencegahan penanganan Covid-19  ke rumah warga  secara langsung. Selain itu, dilakukan kegiatan Dialog Publik yang melibatkan pemeritah Desa sebagai pembicara utama dalam dialog tersebut.

Dalam sambutannya, ketua  Genpewa Ardi Umasugi SH menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar Waitamela yang telah berpartisipasi baik secara moril maupun materil sehingga kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan semua pihak. Serta menyampaikan rasa bangganya kepada rekan-rekan yang terhimpun dalam GENPEWA dengan semangat untuk  berperan aktif disaat masa pandemi covid-19 ini.

Kegiatan dialog public bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pemerintah desa Waitamela agar lebih termotivasi dalam membangun desa sebagaimana tema dalam Dialog Publik.  " Peran generasi muda Waitamela sebagai agen perubahan dalam membangun desa". Ardi juga berharap program kerja dari Genpewa terus berkelanjutan baik dari aspek sosial, budaya, pendidikan dan lingkungan dan olahraga sesuai dengan orientasinya.

Perlu diketahui pula bahwa, anggaran yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari sumbangan para sesepuh desa Waitamela sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dilingkungan  keluarga dibalik pandemi Covid-19. ”Ujar”

Salah satu sepepu Desa Waitamela Menurut Burhanudin Buamona, MH megatakan, dengan adanya Pandemi covid-19 memberikan nuansa terindah kepada kita semua, karena baru saat ini kita samua baru berkesemptan kembali bersama sama ke kampong halaman untuk bersilaturahim dengan semua masyarakat dikampung.

Semoga dengan gagasan serta ide-ide segar dari Teman-teman dalam dialog bersama PemDes dan masyarakat dapat  membawa hal yang positif Terhadap Kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara bersama, khususnya kepada Teman-teman GPW agar dapat fulluap Kegiatan dimksud agar apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa mencari solusinya.”ujar”

Saat ini di kampong banyak warga yang belum pahami soal Penyebaran Penyakit Covid-19 sehingga adik-adik yang memiliki besik keilmuan di bidangnya masing-masing agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat, agar selalu berikhtiar terhadap penyebaran covid-19. Sedangkan hal lain terkait Soal ketidakbiasaan memakai masker pada saat beraktifitas agar masyarakat dengan sedikit bisa merubah kondisi kekinian.”harapnya

Kata dia,  kemajuan kampong bukan peran pemerintah desa dan masyarakat tapi  ini merupakan tanggungjawabbersama. Tindak lanjut Kegiatan dialog dirinya berharap ada kegiatan lanjutan dan pembersihan lingkugan kampung serta Pengadaan Masker untuk pendistribusian kepada masyarakat yang belum tersentuh dihari kemarin. (tito/red)

Komentar

Berita Terkini