Satu Penumpang KM Dorolonda Asal Gane Timur Tengah Reaktif

Editor: brindonews.com
Dilengkapi APD, Tim Medis Evakuasi AA di RS Labuha


HALSEL,BRN – Salah satu warga Desa Taba Hijrah, Kecamatan Gane Timur Tengah berinisial AA (60) dinyatakan rekatif saat di lakukan rapid tes oleh  petugas kesehatan dari Puskesmas Bisui, ungkap sekertaris Gugus Tugas Percepatan Pengawasan Covid-19 Kabupaten Halmahera Selatan kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

 AA diketahui memiliki riwayat perjalanan dari luar Negeri (India) sejak bulan Febuari lalu. Dimana pada tanggal 05 Febuari 2020,  AA berangkat dari India tujuan Indonesia (Jakarta). 

Sebelum tiba di bandara internasional Soekarno Hatta, AA sempat transit di bandara Malaysia pada tanggal 6 Februari. Besoknya, pada tanggal 7 Febuari AA bersama rombongn Jama'ah Tabligh melanjutkan penerbangan menuju Jakarta. " Di Jakarta mereka melakukan karantina selama 14 hari,” Ujarnya .

Setelah melewati masa karantina di Jakarta, AA dan rombongan melanjutkan perjalanan dari Jakarta menuju Kota Ternate dengan menggunakan transportasi laut Kapal Dorolonda tujuan Pelabuhan A Yani Kota Ternate.

" AA melaksanakan karantina selama 14 hari. Tanggal 1 Maret AA kembali ke gane timur desa tabahijrah." sebut Daud.

Lanjut Daud, setelah tiba di Desa Taba Hijrah beberapa hari kemudian petugas kesehatan Puskesmas Bisui melakukan pantauan terhadap kondisi kesehatan AA. Dari hasil pantauan kondisi kesehatannya sehat.

Meski begitu AA harus melakukan karentinta mandiri selama 14 hari di rumah. Tepat pada Senin 18 Mei hasil Rapid tes AA menujukan reaktif. Mengetahui itu, Tim Satgas Covid-19 langusng mengambil langkah mengevakuasi AA ke Labuha untuk diisolasi.

"Sementara ini tim medis mengambil sampel AA untuk dikirim ke leb di Makassar." tutup Daud.(jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini