RS Sofifi Disiapkan Tangani Pasien Covid Asal Halmahera

Editor: brindonews.com
Sekprov: Beroperasi Juni mendatang

Samsuddin A. Kadir
SOFIFI, BRN - Pemerintah Provinsi Maluku Utara menggelontorkan kurang dari Rp17 miliar untuk menata Rumah Sakit Sofifi. Kucuran ‘fulus’ sebanyak itu termasuk menyiapkan peralatan medis dan penambahan ruangan untuk pasien virus corona.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir menyebut, anggaran mencapai Rp17 miliar itu bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Uang ini dipakai menyiapkan semua kebutuhan rencana penggunaan Rumah Sakit Sofifi sebagai rumah sakit rujukan pasein virus corona di daratan Halmahera.

Samsuddin bilang, alasan Rumah Sakit Sofifi dijadikan rumah sakit rujukan di daratan Halmahera itu guna memperkecil rentan kendali dan mempermudah akses. Walau disiapkan sebagai rumah sakil rujukan, sambung Samsuddin, tidak memengaruhi kinerja-kinerja RSUD CB Ternate.

“RS Sofifi ini digunakan agar bisa mempermudah akses dari daratan Halmahera ke Ternate, yang mungkin bisa ditanggani di RS Sofifi juga,” kata Samsuddin usai mengikuti rapat daring bersama Pemerintah Tidore Kepulauan di Kantor Perwakilan Malut, Jumat (1/5/2020).

Tikep Minta 23 Miliar

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Maluku Utara ini mengaku, dalam rapat daring tersebut ada sejumlah opsi yang usulkan Pemerintah Tidore Kepulauan (Tikep). Salah satunya meminta pemerintah provinsi (pemprov) menyiapkan anggaran senilai 23 miliar rupiah.

“Secara spesifik anggaran yang di minta dari Pemerintah Tikep sekitar 23 miliar. Akan tetapi dalam usulan itu sudah termasuk alat pelindung diri yang sudah pemprov berikan. Misalnya alat rapid test dan kebutuhan kesehatan lainnya,” katanya, sembari menambahkan, Juni mendatang RS Sofifi sudah bisa menangani pasien covid-19. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini