|

Pemilik Sektor Jasa dan Perdagangan Diimbau Patuhi Skenario ‘New Normal’

Ilustrasi
TERNATE, BRN - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara meminta pemilik tempat kerja di sektor jasa dan perdagangan menerapkan skenario hidup New Normal di tengah pandemi coronavirus disease atau covid-19. Permintaan penerapan metode New Normal tersebut menyusul ditekennya protokol pencegahan penularan covid-19 di tempat kerja sektor jasa dan perdagangan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Maluku Utara, AKBP. Adip Rojikan mengemukakan, protokol pencegahan penularan covid-19 itu diatur dalam Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020. Surat edaran ini bertujuan dalam upaya mendukung keberlangsungan usaha sektor jasa dan perdagangan di masa pandemik.

“Baik pelanggan atau konsumen dan masyarakat yang terlibat pada sektor jasa dan perdagangan(area publik) diharapkan beradaptasi dengan perubahan pola hidup pada situasi covid-19 atau New Normal,” ucapnya Adip, Senin (25/5).

Adip megharapkan, surat edaran yang ditujukan kepada  pengurus dan atau pengelola tempat atau sektor usaha itu berikutnya dapat dipatuhi. Ini bertujuan menimalisir risiko dan dampak virus corona pada usaha sektor jasa dan perdagangan.

“Adanya surat edaran ini diharapkan masyarakat tak acuh atau tidak mau tau kalau sudah ada surat dari menteri kesehatan mengenai panduan pencegahan penularan covid-19 di tempat kerja,” sebutnya.

Mantan Kapolres Bantaeng ini mengungkapkan, surat edaran panduan pencegahan covid-19 tersebut terdapat 9 poin pada sektor jasa atau pelaku usaha, 5 poin bagi pekerja, dan 4 poin bagi konsumen/pelanggan.

Untuk poin pelaku usaha, sambung Adip, mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker dan menyediakan media informasi mengenai anjuran dan atau ketentuan pembatasan jarak fisik dan mencuci tangan bagi pekerja, pelaku usaha, pelanggan/konsumen dan pengunjung.

Sedangkan bagi pekerja, memastikan kondisi sehat sebelum berangkat bekerja. Pekerja disarankan belum masuk kerja apabila mengalami gejala demam (batuk/pilek/sakit tenggerokan).

“Untuk konsumen agar tetap jaga kebersihan dengan sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan handsanitizer secara rutin. Hindari kontak secara langsung pada area wajah, mata, hidung dan mulut. Tetap memerhatikan jaga jarak atau physical distancing minimal 1 meter dengan orang lain,” ucapnya. (han/red)

Komentar

Berita Terkini