|

Pasien Meninggal Covid Asal Halsel Picu Tiga Kasus Transmisi Lokal

dr. Alwia Assagaf
TERNATE, BRN - Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Maluku Utara mencatat kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus corona kembali bertambah. Data per Senin 25 Mei 2020 menyebutkan total kasus positif  naik dari 100 menjadi 107 orang.

Data update tersebut tercatat penambahan sebanyak 7 orang. Bertambahnya tujuh kasus ini setelah dilakukan pemeriksaan melalui uji spesimen PCR dari BTKLPP Manado dan melalui TCM atau Tes Cepat Molekuler dari RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menyebutkan, tujuh kasus positif tersebut seluruhnya berasal dari Kota Ternate. Kasus baru selanjutnya diklasifikasi sebagai kasus 101 sampai 107.



Alwia mengemukakan, dari jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif per 25 Mei 2020, 6 diantaranya hasil PCR BTKLPP Manado dan 1 dari TCM RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

“Sebanyak 12 spesimen yang dikirim di BTKLPP Manado, hasilnya 6 orang terkonfirmasi positif. 12 spesimen ini merupakan diagnosa pasien baru. Sementara TCM di RSUD Chasan Boesoirie Ternate sebanyak 3 dan hasil satu positif. Tiga spesimen ini dua merupakan spesimen follow up dan satu diagnosa pasien baru,” Alwia menerangkan.

Made with Flourish


Tambahan 2 Kasus Sembuh

Data terkini gugus tugas yang dirilis pukul 16.00 WIT sore itu tercatat ada tambahan kasus sembuh. Pasien 03 dan 17 dilaporkan sembuh setelah dua kali hasil negatif melalui TCM di laboratorium RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Alwia menambahkan, keseluruhan kasus sembuh bertambah menjadi 14 dari kumulatif kasus positif di Maluku Utara. Dari jumlah kasus sembuh dan positif, 5 diantarannya meninggal dunia.

“Berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan seiring semakin bertambahnya kasus positif. Menjaga jarak, hindari kerumunan, pakai masker dan selalui cuci tangan di air yang mengalir secara rutin,” ucapnya. (han/red)

Komentar

Berita Terkini