Kasus Positif Corona di Malut Jadi 81 Orang

Editor: brindonews.com
dr. Alwia Assagaf
Penambahan kasus baru positif coronavirus disease 2019 atau covid-19 di Maluku Utara masih belum terhentikan. Data terkini kasus orang terinfeksi positif naik menjadi 81 orang.

Data update yang dirilis Gugus Tugas Penenganan Covid-19 Maluku Utara itu Kota Ternate masih menjadi kota dengan jumlah orang positif terbanyak. Kota dengan motto Bahari Berkesan ini menyentuh angka 44 kasus. Jumlah ini bertambah 3 kasus dari sebelumnya 41 kasus.



Juru Bicara Percepatan dan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menyebutkan, terjadi penambahan 4 orang terkonfirmasi positif. Keempatnya dilaporkan tertular setelah pihaknya menerima 8 hasil pemeriksaan menggunakan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoeri Ternate.

Dari delapan hasil tes, sambung Alwia, empat dinyatakan terinfeksi positif, sementara sisanya negatif. Dari empat yang positif, tiga orang diantara di Kota Ternate dan 1 dari Hamahera Tengah.

“Kasus ini selanjutnya disebutkan (dikategorikan) pasien 078 sampai 081,” kata Alwia di Sahid Bella Hotel Ternate, Kamis (14/5) sore.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Maluku Utara itu mengemukakan, pemeriksaan delapan spesimen atau sampel lendir tenggorokan tersebut 4 diantaranya spesimen pengobatan susulan atau follow up.

11 Orang Sudah Sembuh

Alwia menambahkan, penambahan juga terjadi pada kasus sembuh. Sebanyak 3 pasien dikonfirmasi sembuh setelah melewati dua kali pemeriksaan negatif di BTKLPP Manado, Sulawesi Utara.


Tambahan 3 orang sembuh ini, sambung Alwia, total kasus sembuh virus corona di Maluku Utara menjadi 11 dari 81 kasus positif. “Sudah dua kali pemeriksaan follow up dan hasilnya negatif,” ucapnya. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini