Kades Se Halsel Dibebankan Tangani Anggaran Kegiatan

Editor: brindonews.com
 Kegiatan sosialisasi aplikasi pengawasn dana desa


HALSEL,BRN – Kepala Desa se Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di bebankan masing-masing senilai Rp 15 juta dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan aparatur desa, yang di laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel.

Kegiatan tersubut lebih focus pada sosialisasi aplikasi pengawasn dana desa itu di ikuti sebanyak 249 kades. Sekedar diketahui anggaran yang di ploting masing-masing desa senilai Rp 15 Juta itu dikalikan dengan 249 desa yang ada di halsel mencapai Rp 3,735. 000.000

" Kami juga belum tahu biayanya berapa. Tapi biasanya ada pelatihan seperti ini ada biaya." kata salah satu Kepala Desa yang namanya diminta jangan dipublikas, kepada media ini, Senin (18/5/2020).

Dana yang begitu Angka fantastik ini, hanya diikutsertakan masing-masing kepala desa dan oprator. Kegiatan tersebutdi gelar di ruang aula Inspektorat juga melibatkan pihak Kejaksaan Negeri Halsel dan Inspektorat." ini kegiatan aplikasi pengawasan dana desa yang di monitori langsungoleh Inspektorat dan  kejaksaan." kata Kepala DPMD Bustamin Soleman.

Bustamin sendiri enggan menjelaskan secara detail terkait kegiatan ini. Padahal sebagai Kepala DPMD, Bustamin seharusnya lebih tahu ihwal mengenai biaya yang akan dibayar oleh kepala-kepala desa. Bustamin pun mengalihkan semua kepada Kepala Bidan Pengawasan Wilayah Desa.

"Hal-hal lain nanti hubungi Kabid pengembangan wilayah Desa, Sagaf Kasuba." sebut Bustamin.

Sementara itu, Sagaf Kasuba dikonfirmasi mengakui bahwa kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa seperti ini bisanya sudah dianggaran dalam APBDes dari masing-masing desa. Namun dirinya belum dapat memastikan besaran dari anggaran yang ditetapkan oleh kepala desa. "Biasanya begitu.Tapi saya belum tahu nanti karena saya belum lihat nanti saya tanya dulu." tutup Sagaf.(jr/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini