|

Kades Batulak Bungkam Soal Tindaklanjut Instruksi Bupati

Kondisi posko pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Desa Batulak. Nampak hanya terpasang satu unit tenda tanpa dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. Tempat cuci tangan yang disediakan pun terlihat tak terpakai.
LABUHA, BRN - Instruksi Bupati Halmahera Selatan boleh dibilang tak berjalan sesuai harapan. Desa Batulak, Kecamatan Gane Barat Utara, Halmahera Selatan, Maluku Utara, merupakan salah satu desa yang tidak sama sekali menjalankan instruksi tersebut.

Sebelumnya, Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, menginstruksikan seluruh kepala desa di negeri saruma itu melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran coronavirus disease atau covid-19 di masing-masing desa.

Instruksi tersebut masing-masing kepala-kepala desa bertugas sebagai ketua tim gugus Tugas ditingkat desa. Isinya, mewajibkan kepala desa melakukan langkah pencegahan, termasuk mensterilkan wilayah desa. Langkah pencegahan ini meliputi pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disenfektan di rumah-rumah warga.

Yusup Mari, salah satu warga setempat mengaku sama sekali tidak ada kegiatan pencegahan dari pemerintah desa. Tidak adanya kesiapsegiaan ini, sambung Yusup, membuat warga was-was akan kondisi sekarang.

“Apalagi Desa Batulak merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kota Tidore. Berharap Tim Satgas Covid-19 Halmahera Selatan menindak tegas Kepala Desa Batulak, Irhandi Suhada yang mengabaikan tugasnya sebagai ketua tim satgas di desa,” ucapnya, Sabtu (30/5).

Perihal yang sama diutarakan Ketua BPD Batulak, Sudarto Abdul Gani. Ia bahkan tak menyangka Irhandi Suhada seolah acuh dan tidak mahu tahu. Sudarto bilang, harusnya ada langkah mitigasi setelah ada instruksi bupati.

“Saya sendiri jadi bingung dengan sikap saudara Irhandi. Keadaan seperti ini dia (Irhandi) harus siaga dan tanggap, kondisi ini darurat tapi dia cuek. Heran saya sama dia,” kata Sudarto, yang juga Wakil Ketua Satgas Covid-19 Batulak itu.

Camat Gane Barat Utara, Udin Ahmad mengaku sudah berulang kali menegur Irhandi Suhada. Tergutan tersebut, sambung Udin, menyarakan agar segera menindaklanjuti instruksi Bupati Halmahera Selatan, dengan melakukan kegiatan pencegahan. “So (sudah) berulang-ulang tapi sama saja. Dia hanya bilang siap, tapi realita di lapangan tidak lakukan,” sebut ketua tim satuan tugas atau satgas covid-19 di tingkat kecamatan ini.

Brindonews.com berusaha menghubungi Kepala Desa Batulak, Irhandi Suhada. ketika dikonfirmasi melalui telepon, Irhandi menolak menerima panggilan. Ia seolah terus-terusan bungkam memberikan informasi resmi atau alasan mengenai kenapa instruksi bupati tidak dijalankan di desanya. (jr/red)

Komentar

Berita Terkini