|

Gunakan Dana Desa, Kades Batulak Diduga Beli Mobil Bekas

Mobil Bekas Avansa


HALSEL,BRN - Kepala Desa Batulak Kecamatan Gane Barat Utara (Garut) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Irhandi Suhada diduga kuat menggunakan dana desa (DDs)  untuk membeli satu unit mobil mini bus Toyota jenis Avanza . Mobil dengan nomor polisi DG 1186 KB ini dibeli Kades Irhandi dengan status mobil second (bekas).

Salah satu sumber terpercaya menyebutkan, Kades Irhandi telah membeli satu unit  mobil Avanza second (bekas) dengan harga Rp. 80.000.000. Mobil tersebut saat ini berada di bengkel reparasi sound sistem yang terletak di Jalan Baru Desa  Tomori Kecamatan Bacan untuk dilakukan pemasangan sound sistem.

"Saat ini mobil itu ada dibengkel ada pasang sound sistem." kata sumber tersebut kepada media ini Sabtu 16/5/2020.

Sumber tersebut menambahkan, transaksi jual beli mobil tersebut melalui salah satu rekan Kades Irhandi yakni Robo. Robo berperan sebagai perantara antara Kades Irhandi dan pemilik mobil." Robo yang perantara. pemilik mobilnya saya kurang tahu. Tapi pemilik mobil itu tinggal di Labuha." sambungnya.

Sementara itu, Iswan, pemilik bengkel reparasi sound sistem, ketika disembangi di bengkelnya mengakui mobil yang sementara dipasang sound sistem itu milik Kades Batulak Irhandi Suhada. Iswan bersama istrinya meminta Kades Irhandi agar secepatnya mengambil kembali mobil yang masih terparkir didepan bengkelnya.

"Ini punya Pa Kades. Saya cuma pasang sound saja. Saya masih tunggu kades datang ambil mobil." ucap Iswan.

Secara terpisah Robo yang berperan sebagai perantara mengaku tidak mengetahui proses pembelian mobil yang melibatkan Kades Irhandi. Robo juga berdalih bawah dirinya tidak mau mencampuri urusan orang lain karena masi dalam keadaan berpuasa." Saya belum bisa jelaskan. Saya tidak mau bicara itu urusan orang lain. Saya ini lagi puasa." ujar Robo.

Sementara itu, Kepala Desa Batulak Irhandi Suhada mengaku mobil Avanza tersebut bukan miliknya. Kades Irhandi berdalih bahwa mobil Avanza tersebut milik Robo yang merupakan rekannya. "Oto (Mobil) itu orang Labuha punya. Paitua satu nama Om Bo (Robo). singkat Irhandi.

Terpisah Ketua BPD Desa Batulak Sudarto Abdul Gani dan salah satu tokoh pemuda Mustakim Jalam menduga mobil Avanza yang tersebut milik Kades Irhandi. Karena selam menjabat kurang lebih empat tahun ini, Kades Irhandi tertutup dengan penggunaan dana desa. Keduanya meminta pihak Kepolisian mengusut anggaran pembelian mobil.
"Harus diusut sumber anggaran pembelian mobil itu. Kami Kades telah menyalahgunakan dana desa." tutup Keduanya.(jr/red)

Komentar

Berita Terkini