BPBD Halsel Mulai Action Bangun Huntap di Joronga dan Gane

Editor: brindonews.com
Salah satu bangunan hunian tetap di Desa Pasipalele, Gane Barat, Halmahera Selatan.
HALSEL,BRN- Warga di Kecamatan Gane Barat Selatan dan Kepulauan Joronga  Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) akhirnya bernapas legah. Hunian tetap atau huntap yang ditunggu-tunggu pasca gempa bumi pada pertengahan tahun 2019 lalu, kini mulai dibangun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Selatan (BPBD Halsel).

Kepala Pelaksana BPBD Daud Jubedi menuturkan, Huntap yang sementara dibangun di Kecamatan Gane Barat Selatan dan Kepulauan Joronga itu tahap pertama sebanyak 240 unit rumah. "Akan disebar pada beberapa desa di gane dan joronga." kata Daud ketika dikonfirmasi media ini," Selasa 5/5/2020.

Sementara untuk desa lain, akan  dibangun pada pertengahan  bulan Mei,sebab saat ini masih menungu pengeriman matrial huntap dari Surabaya. " Kami targetkan dua Minggu kedepan sudah masuk tahap kedua." sambung Daud.

Terpisah, Julkarnain Husen, salah satu warga Desa Pasipalele, mengaku di desanya saat ini material hutan sudah dibongkar dan langsung dibangun contoh dari bentuk huntap yang sebentar nanti menjadi rumah hunian bagi warga. " Huntap sudah ada. Sebelum lebaran ini sudah dibangun." tutur Julkarnain.

Sementara itu, anggota DPRD dapil Gane dan Kepulauan Joronga Idrus Assagaf mengapresiasi Pemkab Halsel dengan cepat memenuhi huntap yang menjadi kebutuhan warga korban gempa di Gane dan Kepulauan Joronga. 

Dirinya berharap dengan dibangunnya hutan ini warga dapat kembali tinggal di rumah yang layak setelah kurang lebih satu tahun warga menunggu kehadiran huntap. "Semoga lebaran tahun ini warga sudah menempati rumah yang layak." tutup Idrus. (jr/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini