|

Belum Pikir PSBB, AGK ‘sibuk’ Cari Lahan Tanam Kasbi

Ilustrasi petani memanen singkong (kasbi). 
SOFIFI, BRN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara hingga saat ini belum memberlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar atau PSBB. Gubernur Abdul Gani Kasuba mengakui kebijakan itu belum terpikirkan olehnya.

Abdul gani mengatakan, meningkatkan disiplin dianggap mampu
memutus estafet virus yang menyerang sistem pernapasan manusia itu. Pemberlakuan PSBB tidak dianggap prioritas lagi kalau masyarakat displin
mengikuti imbauan pemerintah dengan menerapkan social distancing atau jaga jarak, gunakan masker dan rutin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

“Saya belum berpikir ke situ (PSBB). Yang terpikirkan sekarang adalah bagaimana caranya agar dapatkan lahan yang bebas untuk persiapan kebutuhan pangan satu atau dua tahun ke depan,” katanya, Kamis (7/5).

Gubernur Maluku Utara dua periode ini mengemukakan, alasan belum memikirkan pengusulan PSBB didasari beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan pangan terus stok beras yang dikhawatirkan akan menipis.

Pertimbangan lainnya, sambug Abdul Gani, penyebaran virus corona di tiap provinsi atau wilayah tidak semua sama. Wakil gubernur di masa Thaib Armaiyn ini mencontohkan penyebaran corona di Jakarta. “Jakarta yang begitu rumit masih mampu menurunkan penyebaran covid-19 karena faktor disiplin,” ucapnya.

Cari Lahan Tanam Kasbi

Abdul gani menyebutkan, lahan atau tanah kosong yang di cari itu nantinya ditanami pohon singkong (orang Maluku Utara menyebutnya kasbi), pohon pisang dan tanaman makanan pokok penghasil karbohidrat lainnya.

Gubernur yang akrab disapa AGK ini mengaku sudah menyampaikan ikhwal penyiapan lahan ke Kepala Dinas Pertanian Maluku Utara, Rizal Ismail. Penyiapan lahan, sambung AGK, tujuan memberdayakan pertanian dan perkebunan di provinsi yang ia pimpin.

“Senin pekan depan mulai dicanangkan. Apalagi kita makan kasbi, sagu dan pisang, Insyah Allah kita tidak kesulitan kebutuhan pangan, terutama beras,” terangnya. (han/red)

Komentar

Berita Terkini