Bantuan dan Paket Lebaran Bagi Terdampak Covid Mulai Tersalur

Editor: brindonews.com
Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahaman menerima simbolis penyerahan bantuan sosial dan paket lebaran dari Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba.

TERNATE, BRN - Pemerintah Provinsi Maluku Utara menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada masyarakat yang kena dampak wabah virus corona, Selasa (19/5) sore. Penyerahan bantuan berupa sembako dan paket lebaran tersebut dari Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba ke Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahaman.

Abdul Gani Kasuba menerangkan, bantuan sosial ini bersumber dari beberapa satuan kerja perangkat daerah di jajaran Provinsi Maluku Utara. Diantaranya dinas sosial, badan penelitian dan pengembangan daerah (balitbangda), dan dinas pariwisata.

“Jangan sampai saya dapat laporan ada yang kurang dan ada yang tidak dapat. Kepada warga penerima bantuan bisa laporkan kalau besaran bantuannya kurang,” ucap guburnur.

Kepala Dinas Pariwisata Maluku Utara, Tahmid menambahkan, batuan sosial yang bersumber dari dinasnya itu berupa sembako, paket lebaran, dan uang tunai. Uang tunai tersebut diberikan kepada 1.120 pekerja dan pelaku usaha sektor pariwisata di 6 kabupaten kota.

“Tahap pertama yaitu Kota Ternate, Halmahera Barat, Kota Tidore Kepulauan, Morotai, Kepulauan Sula, dan Halmahera Selatan. Empat kabupaten lainnya menyusul di tahap kedua,” kata Tahmid.

Agar penyalurannya efektif dan mudah, sambung Tahmid, pihaknya bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Tujuannya menimalisir adanya penyimpangan dalam penyaluran. “Pengambilannya penerima bisa datang ke kantor pos masing-masing,” ucapnya.

3.607 Paket Bantuan di Tahap II

Tahmid menyebutkan, sebanyak 3.607 paket bantuan disiapkan pada tahap kedua penyaluran. Jumlah itu diperoleh Kementerian Pariwisata RI.

Tahmid bilang, bantuan sembako dan lauk siap saji ini diberikan kepada pelaku usaha dan pekerja pariwisata. Untuk lauk, pihaknya bekerjasama dengan UMKM lokal untuk menyediakan. “Sebagai komitmen mendorong UMKM Malut ditengah pandemi ini,” ucapnya.

Kepala Pelaksana Tugas Dinas Sosial Maluku Utara, Andrias Thomas menuturkan, bantuan bagi warga terdampak covid-19 yang berasal dari dinasn yang ia pimpin itu disalurkan di sepuluh kabupaten kota di Maluku Utara.

Prioritas penerima, lanjut Andrias, yaitu lansia, disabilitas, pondok pesantren dan panti asuhan. “Harapannya bantuan ini bisa membantu saudara-saudara kita yang juga merasakan imbas dari wabah ini,” ucap Andrias. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini